Mengenal Perbedaan Solo dan Surakarta

Apakah Kamu pernah bingung membedakan antara Solo dan Surakarta? Di luar sana, masih terdapat banyak orang yang mempertanyakan juga tentang apa saja perbedaan Solo dan Surakarta. Keduanya umum dianggap sebagai dua nama berbeda, kendati sebenarnya bermaksud merujuk kepada satu sasaran senada.

Sejarah Nama Kota Solo

Kata ‘Solo’ diambil dari nama sebuah tanaman yang sejak dahulu dipercaya banyak tumbuh subur memenuhi wilayah ini yaitu ‘Sala’. Pernyataan mengenai asal-usul istilah tersebut juga didukung oleh hasil penelitian mendalam terhadap satu buah pohon di halaman Keraton Surakarta sekarang.

Pohon tersebut dinyatakan telah berusia lebih dari 255 tahun. Memiliki selisih 11 angka dengan Kota Solo sendiri yang mencapai bilangan umur 266. Sejarahnya, pohon ini berasal dari India dan dipercaya dapat mengatasi kepikunan serta menambah vitalitas.

BACA JUGA :  Astana Giribangun: Kompleks Pemakaman Keluarga Jenderal yang Tersenyum

Penyebutan ‘Sala’ kemudian berubah menjadi ‘Solo’ semenjak para kolonial Eropa memasuki daerah ini. Entah bagaimana, Jadilah pengucapan yang salah tersebut berlanjut terus-menerus pemakaiannya oleh masyarakat setempat, hingga menghilangkan popularitas nama aslinya.

Sejarah Nama Surakarta

Istilah Surakarta dalam Bahasa Jawa terdiri atas dua suku kata. ‘Sura’ memiliki arti tekad dan keberanian untuk menghadapi berbagai rintangan yang akan selalu hadir di masa mendatang.