Mengenal Lirik Lagu Bengawan Solo

Sudah bukan rahasia lagi, apabila setiap telinga mendengar alunan melodi lagu Bengawan Solo akan terbuai dan ketagihan dibuatnya. Tak terkecuali para tentara Jepang yang pernah menduduki Indonesia di masa lampau dengan masa ratusan tahun.

Salah satu tentara itu adalah Toshi Matsuda, Dia berada di perairan Indonesia dan menetap di sana. Pada tahun 1947, prajurit ini pertama kali memperkenalkan lagu Bengawan Solo yang telah diterjemahkannya ke dalam bahasa Jepang.

Seperti yang diperkirakan, lagu ini berhasil menarik hati banyak masyarakat di negeri sakura tersebut. Salah satunya yaitu Miyako harumi, seorang penyanyi Jepang bersuara emas. Tidak heran jika Lagu Bengawan Solo amat familiar di sana.

BACA JUGA :  Angka Jawa, Belajar Tentang Penyebutan dan Berbagai Keunikannya

Lagu Bengawan Solo dalam 13 Bahasa Asing

Satu fakta yang bikin Kamu bangga sebagai masyarakat Indonesia yaitu, ternyata lagu Bengawan Solo karya anak bangsa ini sudah diterjemahkan dalam 13 bahasa asing, bahkan ini merupakan penerjamahan yang dilakukan untuk pertama kalinya.

Lagu Bengawan Solo juga telah dinyanyikan dalam bahasa Inggris, Jepang, Cina, Perancis, Rusia, Jepang, Korea dan lainnya. Ini menunjukkan bahwa, karya Gesang merupakan salah satu warisan yang membanggakan bagi masyarakat Indonesia, khususnya warga Kota Solo.

Lirik dan Makna Lagu Bengawan Solo