Mengenal Lirik Lagu Bengawan Solo

Tahukah Kamu ternyata lagu Bengawan Solo sudah mendunia lho?

Lirik lagu Bengawan Solo merupakan karya seorang penyanyi dan pencipta lagu kondang asal kota Solo. Dalam dunia musik Indonesia pun, maestro ini tak lagi diragukan. Bengawan Solo merupakan karya nya yang paling fenomenal

Sang Pencipta Lagu

Pencipta lagu Bengawan Solo

Lagu Bengawan Solo diciptakan oleh seorang lelaki sederhana Kota Solo sendiri, bernama Gesang Martohartono. Pria ini akrab disapa Gesang, seorang maestro keroncong yang sudah memiliki puluhan karya lagu. Pernah mendengar kan?

Pria tersebut lahir pada tanggal 1 Oktober 1917 di Surakarta Jawa Tengah. Adapun lagu ini diciptakan pada tahun 1940 ketika usianya masih 23 tahun. Sungguh, masih cukup muda bagi lagu yang mendunia.

BACA JUGA :  Mengenal Perbedaan Solo dan Surakarta

Gesang juga pernah dinobatkan sebagai salah satu dari 25 tokoh musik besar nusantara di majalah Rolling Stones Indonesia pada tahun 2008. Ia meninggal pada tanggal 20 Mei tahun 2010 di usia ke 92 tahun.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca : Biografi Gesang, pencipta lagu legendaris

Sejarah Terciptanya Lagu Bengawan Solo

Ketika membincang sejarah lagu legendaris ini, Gesang mengakui bahwa lagunya murni terinspirasi dari hamparan sungai Bengawan Solo. Maklum, sebagai pemuda Kota Solo sendiri, ia bisa mengunjungi sungai tersebut kapan saja.