Bahasa Jawa Terima Kasih Dengan Beberapa Tingkatannya

Banyak cara untuk mengungkapkan rasa syukur atas apa yang diberikan baik dari Tuhan ataupun dari sesama manusia. Salah satu bentuk paling umum dan mudah adalah dengan mengucapkan terima kasih. Terdapat beberapa varian ucapan pada bahasa Jawa terima kasih.

Uniknya Bahasa Jawa

Anda mungkin sering melihat di layar kaca beberapa selebritis yang berasal dari daerah Jawa baik dari Jawa Tengah, Yogyakarta atau Jawa Timur yang menggunakan Bahasa Jawa sebagai media komunikasi yang seringnya bersifat humor.

Patut diketahui, bahwasannya bahasa Jawa merupakan bahasa dengan penutur banyak di Indonesia karena banyaknya jumlah suku Jawa yang tersebar di semua provinsi. Dengan mempelajarinya, Anda bisa berkomunikasi dengan penduduk asli jika suatu saat akan tinggal di pulau Jawa.

BACA JUGA :  Mari Mengenal Aksara Jawa Lengkap dengan Mudah

Ucapan medok dan juga kelihatan ndeso merupakan salah satu stereotype bagi mereka yang memliki lidah asli Jawa. Ungkapan-ungkapan seperti matur suwon, matur sembah nuwon, ora iso, sering dilontarkan para pesohor yang biasanya berasal dari Solo, Jogja, Semarang, Surabaya dan Malang.

Bahasa Jawa Terima Kasih

Salah satu hal yang sering diperlihatkan adalah ucapan terima kasih dalam Bahasa Jawa.  Sebut saja suwon, matur suwon dan juga matur sembah nuwon. Karena terdapat beberapa variasi pengucapan, maka alangkah baiknya mengetahui masing-masing aturan penggunaannya.