Bahasa Jawa Selamat Pagi, Berikut Cara Pengucapannya yang Benar

Selain penggunaan sapaan selamat pagi yang telah dijelaskan di atas, ada pula unggah-ungguh dalam basa Jawa. Dengan penempatan berbeda-beda sesuai kasta, usia, status sosial dan derajat sosial. Berikut merupakan penjelasan singkatnya.

Ngoko ialah tingkatan bahasa Jawa terendah atau kasar. Umumnya digunakan dikalangan orang Jawa untuk bercakap-cakap kepada yang sesuai sama atau lebih muda. Sehingga kurang pas bila digunakan berbicara dengan orang yang lebih tua. Serta ngoko dibagi menjadi 2 yakni ngoko lugu dan ngoko alus.

Krama sendiri pun terbagi menjadi dua yakni krama lugu dan krama inggil. Untuk yang lugu digunakan saat menghormati seseorang, namun sudah memiliki hubungan erat atau kepada orang lebih muda yang dihormati.

BACA JUGA :  Mengenal Lirik Lagu Bengawan Solo

Sedangkan krama inggil yaitu bahasa yang derajatnya sangat tinggi dan paling halus dalam bahasa Jawa. Sehingga digunakan para pemuda kepada seorang lebih tua darinya. Sebagai bentuk tata karma serta menghormati.

Pentingnya Belajar Bahasa Jawa

Sebagai seorang yang memiliki nilai nasionalis, Anda pun perlu mempelajari bahasa daerah terutama bagi bertempat tinggal di pulau Jawa dan wajib menguasai bahasanya. Sehingga, nilai budaya dan kearifan lokal bangsa Indonesia tetap terjaga.