Bahasa Jawa Selamat Pagi, Berikut Cara Pengucapannya yang Benar

Meski terdiri dari beberapa dialek yang berbeda-beda. Orang Indonesia terkenal di mata dunia sebagai negara memiliki penduduk ramah-ramah. Begitu pula warga Jawa haruslah mengerti bagaimana cara mengucapkan sapaan kepada orang lain. Misalnya bahasa Jawa selamat pagi.

Sapaan Bahasa Jawa Selamat Pagi

Ungkapan sapaan sederhana dan terdasar yang perlu dipelajari ialah selamat pagi. Sebuah ungkapan yang di ucapkan ketika menyapa di jam waktu pagi hari kepada orang lain. Sebab dalam bersosialisasi pastilah akan bertemu banyak orang kapanpun. Sehingga dalam bahasa Jawa ditekankan untuk bisa mengerti cara mengucapkan salam.

BACA JUGA :  Mari Mengenal Aksara Jawa Lengkap dengan Mudah

Sebab, orang lain akan menilai dari apa yang pertama diucapkan serta dari situ pula diketahui etika seseorang. Sehingga, tidaklah heran bahwa masyarakat Jawa bisa menjadi akrab dimanapun. Bahkan, karena ke ramah tamahannya membuat warga mancanegara berbondong-bondong belajar boso (bahasa Jawa).

Bagaimana Ucapan Sapaan Bahasa Jawa Selamat Pagi?

Dalam mengucapkan sapaan selamat pagi kepada orang lain, biasanya ada yang menyebutkannya dengan sugeng enjing atau ada pula wilujeng enjing. Sehingga keduanya sering kali di perdebatkan mana benar dan salah oleh para masyarakat awam.

1. Sugeng Enjing atau Wilujeng Enjing?

Terdapat beberapa orang mengatakan bahwa yang benar yaitu wilujeng enjing. Dengan dasar bahwa bila telusuri lebih lanjut kata sugeng merupakan basa krama dari urip atau dalam bahasa Indonesia berarti hidup. Sehingga di rasa akan kurang pas jika menggunakan sugeng sebagai ucapan sapaan.

BACA JUGA :  Contoh Tulisan Aksara Jawa dan Beberapa Asal-usulnya