Cara Membuat Serabi Solo Rasa Bintang Lima, Kamu Harus Coba!

Setelah dicuci bersih, panaskan cetakan di atas kompor. Selanjutnya, oleskan kelapa parut di atas dan gosok menggunakan spatula hingga mengeluarkan minyak. Ulangi dua kali, kemudian masukkan adonan. Sisihkan hasil serabi matang pertama dan kedua.

2. Cara agar Serabi Tidak Lengket

Salah satu trik menghindari serabi mudah lengket pada cetakan yaitu, dengan mencampurkan bagian putih telur rebus yang sudah dihaluskan dengan 100 ml minyak goreng. Gunakan ramuan ini untuk mengoles cetakan sebelum menuangkan adonan.

Selain adonan menjadi tidak lengket, olesan ini juga akan menambah rasa gurih pada serabi buatan Kamu.

BACA JUGA :  Makanan dan Camilan yang Recommended Sebagai Oleh-oleh Khas Solo

3.  Trik Supaya Adonan Matang Secara Merata

Menutup Adonan selama proses memanggang sangat penting, agar serabi dapat matang secara merata.  Gunakan penutup ketika pertama kali menuang adonan, diamkan hingga serabi sudah mengeras di bagian dalam, kemudian buka kembali untuk menambahkan topping. Terakhir tutup cetakan sampai matang.

Tata Cara Penyajian

Serabi Solo dapat Kamu sajikan dengan berbagai tampilan, kue dapat ditata berjejer secara diagonal maupun horizontal pada piring hias atau loyang panjang yang indah. Tambahkan juga alas di bawah kue, berupa kertas berenda ataupun daun pisang.