Resep Nasi Liwet Solo: Enak dan Mudah Dibuat

Untuk penyajian Nasi Liwet dari kota Solo ini terdapat bermacam-macam caranya. Tergantung Kamu mau menggunakan yang mana. Umumnya, di tempat-tempat makan pinggir jalan akan disajikan secara tradisional menggunakan daun pisang.

Daun pisang akan dipincuk atau dilembarkan saja sebagai alas piring rotan maupun tanah liat. Nasi bisa langsung ambil sendiri dari kastrol. Kalau tidak, maka penjual biasa membentuknya seperti tumpeng kecil. Lauknya, diletakkan pada tampah bersama beberapa lalapan dan sambal tomat.

Untuk penyajian cara modern, maka digunakan piring-piring keramik seperti biasa. Bedanya pada tempat lauk tidak digunakan tampah, melainkan platter (piring datar). Namun, alasnya tetap diberi daun pisang agar mempertahankan kesan tradisional.

BACA JUGA :  Pasar Klewer Solo: Salah Satu Pusat Perbelanjaan Terbesar di Kota Solo

Nah, itulah tadi resep Nasi Liwet Solo yang dapat Kamu buat sendiri di rumah. Bahan-bahannya begitu mudah didapat serta rasanya tidak kalah dari yang dijual di sekitar Keraton Mangkunegaran. Jadi, tanpa perlu jauh-jauh ke provinsi tetangga, sudah bisa menikmatinya. Selamat mencoba!


 

LAYANAN JASA DI SOLO

 

«123 4