Resep Kuah Bakso Solo Tanpa Ribet

Daging merupakan kesukaan banyak orang, mau dibentuk dan dimasak model apapun, peminatnya tetap membludak. Di Kota Solo sendiri, juga kaya akan kuliner berbahan dasar satu ini, utamanya yang berbentuk bulat dengan perpaduan kuah mantap alias bakso. Kali ini Kami ingin berbagi tentang resep Kuah Bakso Solo yang harus dicoba.

Anak rantau mana nih suaranya? Pasti kangen kan dengan masakan ini? Dengan resep Kuah Bakso Solo khusus yang mendunia, Kamu bisa membuatnya tanpa harus pulang kampung.

Sekilas Tentang Kuah Bakso Solo

Bakso sebenarnya bukan makanan khas dari Indonesia, melainkan dari Tiongkok. Para pendatang membawa resepnya nusantara. Sehingga, sekarang diakui sebagai kuliner khas karena telah tercampur oleh kearifan lokal. Kebanyakan, panganan ini disangka dari Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Hampir di seluruh Indonesia bisa ditemukan penjual bakso seperti ini. Mulai dari khas Malang, Wonogiri, maupun Kota Solo. Karena sistem mereka berjualan secara turun-temurun, sehingga rasa yang didapat antara penjual satu dengan lainnya tidak jauh beda pada setiap lokasi.

Meskipun begitu, ada beberapa perbedaan di antara mereka, yaitu resep Kuah Bakso Solo terlihat sedikit keruh. Ini karena, memakai kaldu daging sapi serta rempah-rempah kuat. Sementara untuk Wonogiri digunakan tulangnya saja, jadi terkesan nampak lebih bening.

Bahan-bahan Kuah Bakso Solo

Bakso selalu identik dengan kuahnya. Kalau dihadirkan hanya keringan atau terpisah, rasanya pasti jadi lain. Nah, karena cara membuat penganan bulat itu mungkin belum Kamu ketahui, sekarang beranjak ke pembuatan elemen penting tersebut.

Untuk membuat kuah bakso khas dari Kota Solo bahan-bahannya cukup mudah. Rasanya juga tidak akan jauh beda dengan penjual favoritmu. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Berikut yang harus disiapkan.

  • 7 liter air
  • 2 batang daun bawang
  • 8 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 1 sdt merica bubuk
  • Tulang sapi, ambil bagian iga atau kakinya (sesuai selera)
  • Garam (sesuai kebutuhan)
  • 2 batang seledri
  • 2 sdm bawang
  • Penyedap rasa (bila diperlukan)
  • Daging sapi (sesuai selera)
  • 5 sdm minyak goreng

Alat-Alat untuk Membuat Kuah Bakso Solo

Selain tersedia bahan-bahannya, untuk membuat kuah juga diperlukan beberapa alat agar memudahkan Kamu. Semua bisa didapatkan di dapur dengan mudah, mau tradisional atau modern. Serta tidak terlalu banyak.

  • Panci ukuran sedang (apabila membuat dalam porsi banyak, usahakan besar)
  • Pisau
  • Penggorengan
  • Blender atau Food Processor (boleh memakai cobek bila tidak punya)

Cara Pembuatan Kuah Bakso Solo

Berbeda dengan Wonogiri dan Malang, Kota Solo punya cara sendiri untuk mengolah kuah baksonya. Sehingga memiliki cita rasa khas di lidah para penikmatnya, meskipun hal tersebut bisa didapatkan dengan waktu yang cukup lama.

Biasanya, untuk menyiapkan semua bahan, seorang penjual bakso memerlukan waktu hingga 1 sampai 2 jam termasuk menggoreng pelengkap, membuat kuah, bahkan menunggu sampai daging iga serta tulang kakinya menjadi empuk.

Untuk bahan-bahan yang tersedia di atas, biasanya digunakan untuk 15 sampai 20 porsi kalau memakai mangkuk kecil, dengan bakso tidak terlalu banyak di dalamnya. Daripada penasaran, tengok dulu cara membuatnya, yuk!

  • Siapkan tulang iga maupun kaki sapi. Usahakan masih terdapat sedikit daging di Potong menjadi beberapa bagian sesuai selera, usahakan jangan terlalu kecil. Karena akan pecah, lalu bercampur dengan kaldu.
  • Kupas bawang putih semuanya, kemudian cuci sampai bersih. Masukkan ke dalam blender (ambil bagian kecilnya) atau food processor untuk dihaluskan. Apabila ingin lebih bertekstur, gunakan cobek.
  • Sediakan wajan di atas penggorengan serta minyak goreng. Tunggu hingga panas, lalu masukkan bawang putih halus tersebut ke Tumis dengan api kecil sampai wangi namun jangan sampai terlalu berubah warna.
  • Siapkan daging, tapi jangan sampai dicuci. Potong-potong sesuai selera, lalu masukkan ke dalam panci. Berikan sedikit air dan panaskan bersama iga serta tulang kaki hingga mendidih untuk membunuh bakteri-bakterinya, lalu tiriskan.
  • Ganti air dengan yang baru sekitar 7 liter. Panaskan, namun jangan terlalu mendidih. Masukkan bawang putih halus goreng ke Aduk sebentar hingga muncul gelembung-gelembung.
  • Masukkan tulang iga, kaki, daging, daun bawang, merica, garam serta jahe geprek ke dalam panci. Aduk semuanya hingga merata, lalu tutup sampai bahan utama dari kuah ini empuk. Lakukan cek dengan menusukkan lidi satu atau dua kali selama memasak.
  • Tambahkan penyedap rasa kalau merasa diperlukan. Namun, lebih baik untuk tidak menggunakannya sama sekali karena bahan-bahan tadi sudah cukup. Di sisi lain, sekaligus menjaga tubuh Kamu agar tidak mengkonsumsi MSG terlalu sering dan berlebih.
  • Kalau sudah empuk, penggorengan bisa dimatikan. Tulang iga, kaki, serta dagingnya boleh ditiriskan. Apabila ingin di makan sekalian, tidak masalah untuk dibiarkan saja di Semua, sesuai selera masing-masing.
  • Ambil wajan dan taruh di atas penggorengan. Berikan sedikit minyak di Sambil menunggu panas, iris bawang merah tipis-tipis. Lalu, masukkan sembari sesekali diaduk. Tunggu hingga mengeluarkan bau harum, lalu segera angkat. Jangan sampai berubah warna.
  • Sebagai pelengkap lainnya, ambil seledri. Potong kecil-kecil, lalu sisihkan bersama bawnag goreng tadi. Khusus kedua bahan ini, buat lebih banyak karena akan membuat kuah semakin nikmat.
  • Untuk yang satu ini, bisa Kamu lakukan sesuai selera. Ambil beberapa bakso, lalu masukkan ke dalam kuahnya. Aduk sedikit pada api kecil agar panasnya merata kembali. Taburkan sedikit seledri di dalamnya dan siap disajikan.

Penyajian Kuah Bakso Solo

Untuk penyajiannya sendiri, bisa dibuat bermacam-macam. Kamu bebas mau menyajikannya seperti saat beli di penjual langganan atau membuat kreasi sendiri. Asalkan, selalu sajikan dalam keadaan panas atau lemak di dalamnya masih menggumpal.

Biasanya, ada yang penyajiannya dipisah. Usahakan ditaruh di tempat sedikit lebih kecil daripada mangkuk baksonya. Lalu, pisahkan juga saos, sambal, serta kecapnya. Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan bihun sekalian serta taburan seledri dan bawang goreng.

Bagi yang tidak mau memakan banyak tempat, dalam mangkuk besar masukkan 2 sampai 3 bakso, mie bihun putih, bawang goreng serta seledri. Siramkan kuah bakso di atasnya selagi masih panas, kemudian taruh saos dan sambal secara terpisah.

Baca juga : resep nasi liwet

Tips Agar Kuah Bakso Tahan Lama

Biasanya, jika Kamu membuat makanan ini dalam jumlah banyak, akan tersisa lalu bisa digunakan untuk hari berikutnya. Kebanyakan orang menyimpannya di lemari es begitu saja. Namun, banyak chaef menyarankan agar lebih berhati-hati lagi.

Kuah merupakan sejenis kaldu. Biasanya kalau ingin awet tinggal dibekukan saja. Maka, akan tahan sampai 3 hari dan tidak bisa lebih. Cara menyimpannya pun usahakan pada mason jar atau plastik dengan ziplock. Hal ini disarankan agar cairan tidak terkontaminasi bakteri.

Ketika akan dikonsumsi kembali, panaskan lebih dulu dengan suhu tinggi sampai mendidih. Biarkan hingga dua menit sebelum dimasukkan beberapa bumbu tambahan agar lebih sedap. Kalau sudah begitu, bisa disiramkan lagi di atas bakso. Mudah bukan, untuk membuat kuah bakso Solo Kamu awet?

Info layanan: catering enak Solo

Begitulah tadi resep Kuah Bakso Solo spesial untuk Kamu. Jadi, ketika penjual langganan sedang libur, bisa buat sendiri dengan bahan sederhana di rumah. Dapat juga disajikan sebagai makanan utama ketika banyak anggota keluarga atau teman-teman berkumpul. Selamat mencoba!

Bagikan di :