Makanan dan Camilan yang Recommended Sebagai Oleh-oleh Khas Solo

Untuk bentuknya seperti jajanan good time, namun versi Jawa (tradisional). Untuk porsi sepiringnya bisa diisi beberapa biji ampyang, dan harganya bervariasi mulai dari 5 ribu sampai 15 ribu tergantung jumlah isi makanan ini di dalamnya.

Serbat Jahe

Serbat Jahe merupakan salah satu jenis minuman khusus yang terbuat dari jahe dan juga rempah-rempah tradisional khas Kota Solo. Uniknya, minuman ini bisa tahan beberapa hari walaupun berbahan alami.

Untuk bentuknya, seperti tablet kemudian bisa diseduh dengan air hangat. Oleh-oleh khas Solo satu ini banyak dicari karena memiliki fungsi untuk penghangat tubuh sampai menurunkan kolesterol.

Balung Kethek

Arti nama Balung Kethek adalah tulang monyet, agak aneh sih. Namun, rasanya enak dan nggak seaneh namanya kok, bisa dikataran mirip dengan keripik balado singkong. Bedanya, singkong di jajanan balung kethek ini potongannya lebih tebal tapi tetap renyah dan gurih.

BACA JUGA :  Cara Membuat Serabi Solo Rasa Bintang Lima, Kamu Harus Coba!

Seiring dengan membludaknya peminat makanan ini, sudah tersedia banyak rasa, mulai dari manis, balado, ayam, sapi panggang, pedas, keju dan masih banyak lagi.

Bakpia Balong

Bukan hanya Jogja yang terkenal akan bakpianya, namun Kota Solo juga punya lho. Bahkan terdapat beberapa varian rasa, seperti kacang tanah, ketan, juga cokelat. Asal mula nama bakpia balong, yaitu karena ukurannya lebih besar dibandingin sama bakpia lain.