Makanan dan Camilan yang Recommended Sebagai Oleh-oleh Khas Solo

Ternyata, Kota Solo nggak cuma terkenal sebagai Kota Budaya saja, tapi juga populer karena banyak banget jajanan murah meriah dan menggiurkan. Sehingga, oleh-oleh khas Solo menjadi hal yang wajib untuk dibawa pulang. Apakah Kamu tertarik? Jika iya, segera datang dan borong semuanya.

Oleh-oleh Khas Solo

Ada banyak oleh-oleh khas Solo yang bisa Kamu borong ketika mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang. Berikut adalah referensi buat Kamu yang sedang berburu oleh-oleh di Solo.

Brem Solo

Jajanan ini banyak disukai oleh semua kalangan karena rasanya manis dan asam, apalagi kalau digigit langsung lumer di mulut dengan sensasi dingin. Untuk harganya juga bervariasi, mulai dari 10 ribu rupiah saja.

Brem dari Kota Solo memiliki ciri khas berbeda dari tempat lain, yaitu dengan perpaduan warna kuning krem dan bentuknya bulat gepeng. Kebanyakan pembeli makanan satu ini merupakan para wisatawan yang berbelanja oleh-oleh.

Roti Kecik Ganep

Roti Kecik Ganep memang beda dari lainnya, diolah dengan tepung ketan dan tahan lama walaupun terbuat dari bahan alami.

Perpaduan rasa manis dan gurih membuat roti ini cocok dijadikan oleh-oleh buat keluarga di rumah. Harganya bervariasi, dari yang paling murah 5 ribu sampai kemasan paling besar berkisar antara 57 ribu rupiah. Makanan ini juga bisa dibuat camilan sambil dicocol ke teh hangat di waktu-waktu santai.

Abon Mesran Solo

Jika Kamu pecinta abon, gak boleh lupa beli dan membungkus oleh-oleh satu ini. Dibuat dari olahan daging ayam juga sapi, membuat lidahmu merasakan sensasi yang berbeda dan terus ketagihan. Terdapat 2 varian rasa, yaitu manis sama pedas, jadi cukup enak jika disantap bareng sama nasi.

Makanan ini cocok untuk Kamu yang menyukai rasa manis dan pedas. Harga jual abon mesran ini rata-rata di semua toko oleh-oleh Solo relatif sama, berkisar mulai dari 35 ribu per kemasan. Cukup murah mengingat proses pembutannya membutuhkan waktu lama.

Rambak petis

Ternyata nggak cuma tahu saja yang bisa dimakan sama petis, di Kota Solo juga ada nih oleh-oleh khas yaitu rambak petis. Rambak kerupuk ini terbuat dari bahan dasar kulit sapi atau kerbau, perpaduannya menciptakan rasa yang khas yaitu asin dan gurih.

Harga yang dipatok lumayan mahal, yakni 128 ribuan buat kerupuk rambak 1 kemasan, kalau mau nambah yang plus petis harganya sekitar 132 ribu rupiah. Hal tersebut sebanding dengan bahan baku yang digunakan.

Klengkam

Di kota lain oleh-oleh ini bernama kering kentang, sedangkan di Solo namanya klengkam. Isinya kentang yang diberi tambahan rempah-rempah yang menghasilkan rasa nikmat. Namun, juga bisa Kamu manfaatkan untuk lauk ketika makan nasi.

Harganya murah, cuma 10 ribu per porsinya. Bahkan, hampir di semua tempat oleh-oleh juga menyediakannya. Bagi Kamu yang hanya memiliki uang pas-pasan, oleh-oleh ini kiranya cocok untuk dibeli dalam jumlah banyak mengingat sangat terjangkau.

Ampyang

Terbuat dari kacang dan gula, membuat makanan ini menjadi salah satu jajanan tradisional khas Kota Solo. Komposisi lengkapnya berasal dari olahan kacang, gula merah dan jahe. Dengan begitu, Kamu bakalan ngerasain sensasi manis legit saat memakannya.

Untuk bentuknya seperti jajanan good time, namun versi Jawa (tradisional). Untuk porsi sepiringnya bisa diisi beberapa biji ampyang, dan harganya bervariasi mulai dari 5 ribu sampai 15 ribu tergantung jumlah isi makanan ini di dalamnya.

Serbat Jahe

Serbat Jahe merupakan salah satu jenis minuman khusus yang terbuat dari jahe dan juga rempah-rempah tradisional khas Kota Solo. Uniknya, minuman ini bisa tahan beberapa hari walaupun berbahan alami.

Untuk bentuknya, seperti tablet kemudian bisa diseduh dengan air hangat. Oleh-oleh khas Solo satu ini banyak dicari karena memiliki fungsi untuk penghangat tubuh sampai menurunkan kolesterol. Sampai-sampai penjualannya sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Balung Kethek

Arti nama Balung Kethek adalah tulang monyet, agak aneh sih. Namun, rasanya enak dan nggak seaneh namanya kok, bisa dikataran mirip dengan keripik balado singkong. Bedanya, singkong di jajanan balung kethek ini potongannya lebih tebal tapi tetap renyah dan gurih.

Seiring dengan membludaknya peminat makanan ini, sudah tersedia banyak rasa, mulai dari manis, balado, ayam, sapi panggang, pedas, keju dan masih banyak lagi.

Bakpia Balong

Bukan hanya Jogja yang terkenal akan bakpianya, namun Kota Solo juga punya lho. Bahkan terdapat beberapa varian rasa, seperti kacang tanah, ketan, juga cokelat. Asal mula nama bakpia balong, yaitu karena ukurannya lebih besar dibandingin sama bakpia lain.

Tekstur yang dimiliki juga jauh lebih lembut dari lainnya. Bedanya dari bakpia khas kota lain yaitu ada toping bermacam-macam di atasnya, mulai dari kismis, coklat, meises dan masih banyak lagi.

Solo Prabu

Mendengar namanya pasti terlintas sebutan pemimpin kerajaan. Namun ternyata, jenis oleh-oleh satu ini merupakan roti bulat berbentuk seperti pizza dengan banyak varian rasa manis. Mulai dari greentea, cokelat, taro dan lain-lain.

Bahan utama yang dipakai untuk membuat roti ini adalah pastri yang dilapisi krim dan terdapat berbagai macam aneka topping khusus, rekomended buat Kamu pecinta rasa manis. Oleh-oleh ini cocok dijadikan untuk sarapan pagi ataupun bekal jika berpergian mengelilingi Kota Solo.

Mata Maling

Makanan ini terbuat dari biji melinjo digoreng sampai matang terus diberi sedikit campuran rempah dan bumbu lain untuk menciptakan rasa yang benar-benar mantap. Warnanya merah kecoklatan dan beberapa ada yang kuning kehijauan tergantung tingkat kematangannya.

Pas banget buat Kamu pecinta camilan sehat atau buat diet tubuh biar cepet berhasil nih. Untuk harga cukup terjangkau, mulai dari 20 ribu rupiah saja.

Serabi Solo

Jajanan tradisional ini akan memberi kesan melekat seakan kembali ke masa lampau, bahkan dijual di hampir semua pusat oleh-oleh Kota Solo. Selain itu, juga digemari oleh anak-anak karena bentuknya yang lucu, mulai dari love, bunga, bintang dan lainnya. Untuk mendapatkannya, hanya dibutuhkan uang 2 ribu rupiah saja.

Uniknya lagi, Serabi Solo sekarang memiliki banyak varian rasa dan terdapat toping di atasnya. Mulai dari pisang, meises, kacang, keju, juga susu. Nggak cuman itu, rasa-rasa dari serabi juga bervariasi, seperti pandan, cokelat, strowberry dan masih banyak lagi lainnya.

Intip

Nampak seperti kerupuk yang digoreng kering dan cukup lebar, ternyata bahan dasarnya dari kerak nasi. Untuk mendapatkannya, cukup siapkan uang senilai 10 ribu rupiah saja. Selain buat oleh-oleh, makanan ini juga tepat dijadikan camilan saat berkeliling kota.

Saat mengkonsumsinya, Kamu akan mendapat sensasi pedes, gurih, manis jadi satu sampai di lidah. Untuk tekstur jajanan ini, hampir mirip seperti kerupuk puli yang banyak beredar di pasaran. Untuk lauk makan juga cocok lho..!!

Baca juga :

Gimana Gengs? Kira-kira kalau pergi ke sini Kamu bakalan bawa pulang oleh-oleh khas Solo yang mana nih? Jangan bingung, borong aja semuanya, hehe. Karena semua dijamin enak dan membuat ketagihan, namun jangan lupa menyesuaikan dengan kantong ya. Jangan sampai kehabisan uang diperjalanan, dan sampai ketemu lagi di Solo.

Bagikan di :