Agar Tidak Menyesal, Jangan Lewatkan Tempat Wisata Kuliner Solo Berikut Ini

Kamu tinggal di Solo atau sedang berkunjung ke kawasan ini? Jangan mengaku kenal Solo kalau belum mencoba ragam kuliner khasnya. Kota Solo tidak hanya terkenal dengan wisata budayanya, namun berbagai wisata kuliner Solo yang dijamin membuatmu ketagihan ingin lagi dan lagi.

Di kota ini, terdapat beberapa menu kuliner andalan yang sangat populer. Sebagian di antaranya sudah menjadi resep turun temurun yang tetap digemari hingga hari ini. Oleh karena itu, pastikan Kamu menyempatkan waktu untuk mencicipi produk kuliner khas di kota tersebut.

Daftar Kuliner Lezat dan Menggoyang Lidah di Kota Solo

Kuliner Solo yang Legendaris

Penasaran bukan dengan macam-macam kuliner paling recommended di kota Solo? Berikut beberapa di antaranya:

1. Sensasi Lezat Gudeg Ceker Ala Bu Kasno Margoyudan

Dari namanya saja sudah membuat penasaran. Kuliner dengan bumbu khas Solo ini wajib Kamu coba. Tentunya dengan cita rasa yang berbeda dengan gudeg Jogjakarta. Terlebih dengan tambahan ceker ayam yang lezat. Menariknya, Kamu hanya perlu membayar Rp. 18.000,- untuk setiap porsinya.

Jika tertarik, bisa langsung datang ke Jl. Monginsidi, Margoyudan, Surakarta. Lokasinya berdekatan dengan SMAN 1 Surakarta. Hanya saja, warung gudeg ceker ini dibuka pada pukul 01.00 pagi. Sehingga, harus rela antre di saat-saat ngantuk untuk dapat mencicipinya. Namun, jangan salah karena beberapa artis pernah mencicipi kuliner legendaris satu ini.

2. Gurihnya Nasi Liwet Wongso Lemu Khas Solo

Pergi ke Solo pastinya tidak puas jika belum mencoba nasi liwet. Nah, salah satu nasi liwet yang wajib Kamu coba adalah Nasi Liwet Wongso Lemu yang terletak di Jl. Teuku Umar, Keprabon, Solo. Tempat makan yang selalu dipadati pengunjung ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu, yakni 1950 an.

Nasi liwet khas kota Solo tersebut memang tidak diragukan lagi kelezatannya. Menawarkan cita rasa nasi yang gurih layaknya nasi uduk. Terdiri dari racikan nasi, telur rebus, ayam suwir, sayur labu dan juga sambal. Adapun harga setiap porsinya antara Rp. 10.000,- sampai Rp. 20.000,- an. Jika berminat, Kamu bisa datang ke tempat ini antara pukul 16.00 sampai 01.00 WIB.

3. Nikmatnya Racikan Lengkap Timlo Sastro

Tidak hanya gudeg dan nasi liwet, di kota Solo Kamu juga wajib mencoba Timlo Sastro. Menjadi salah satu makanan khas dengan isi hati dan ampela, sup kuah kaldu, sosis solo, daging ayam suwir, dan telur pindang. Akan lebih puas jika disantap dengan nasi disertai perasan jeruk nipis dan sambal.

Lokasi kuliner khas ini ada di Jl. Kapten Mulyadi, Nomor 8, Kampung Balong, Solo. Tempat yang selalu ramai dikunjungi pelanggan tersebut dibuka sejak pukul 06.00 pagi sampai dengan 15.30 sore. Tidak perlu merogoh saku terlalu banyak, karena hanya dengan Rp. 20.000,- Kamu bisa mencicipi satu porsi paket komplit Timlo Sastro.

4. Nasi Soto Ayam Gading Legendaris

Selain beberapa kuliner Solo di atas, masih ada Nasi Soto Ayam Gading yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Solo. Menariknya, menu satu ini menjadi andalan dan kegemaran Presiden Jokowi. Bertempat di Jl. Brigjen Sudiarto, Nomor 75, Kamu bisa mengunjunginya di waktu sarapan. Sehingga, cita rasanya lebih lezat.

Isi untuk masing-masing porsinya sangat lengkap, mulai dari daging ayam suwir, nasi, kentang dan sohun yang disiram dengan kuah bening. Beberapa lauk lain juga tersedia seperti sate usus, ampela bahkan telur puyuh. Namun, tempat wisata kuliner khas Solo tersebut selalu dipadati pengunjung setiap harinya, sehingga Kamu harus antre.

5. Gurihnya Sate Kambing Hj. Bejo

Jangan mengaku penikmat sate jika Kamu belum mencoba sate kambing andalan Kota Solo ini. Sate kambing yang juga dikenal dengan sate Buntel terletak di Jl. Lojiwetan. Dinamakan dengan sate Buntel karena proses memasaknya dengan cara dicincang kemudian dibungkus dengan lemak kambing. Setelah itu, baru dibakar dan diberi aneka racikan bumbu.

Berbagai menu lain juga tersedia di sini, seperti tengkleng, gule bahkan tongseng. Selain menawarkan cita rasa sate kambing yang khas, tekstur kambingnya pun juga sangat empuk. Sehingga, mudah dikonsumsi. Kini, masyarakat yang berlangganan dengan Sate Kambing Hj. Bejo terus bertambah setiap harinya.

6. Selat Solo Mbak Lies

Kamu pasti penasaran dengan nama kuliner legendaris ini. Ya, Selat Solo adalah wisata kuliner Solo yang menyediakan fresh salad khas Kota Solo. Bertempat di Jl. Veteran, Gang II, Nomor 42, Kota Solo. Cita rasa dari makanan ini memang nagih, sehingga setiap hari selalu ramai pengunjung.

Setiap porsi fresh salad dibanderol dengan harga Rp. 20.000,- sudah berisi telur rebus dicampur daging sapi masak semur, galantin, buncis, selada, wortel, kentang goreng, irisan bawang merah serta acar mentimun. Disajikan dengan tambahan mustard serta kuah segar yang mantap. Di sini, Kamu juga akan dimanjakan dengan hiasan interior yang menawan. Sehingga cocok untuk dijadikan tempat bersantai.

Info jasa: Catering enak di Solo

7. Sensasi Lezat Tengkleng Bu Edi Pasar Klewer

Untuk Kamu yang sedang berada di sekitar Pasar Klewer, sangat disarankan untuk mampir di kuliner satu ini. Tepatnya berada di Jl. Radjiman, Gajahan, Solo. Sajian kuliner tersebut berisi olahan tulang belulang serta jerohan kambing yang dipadukan dengan kuah kuning. Cita rasanya sangat gurih, segar dan manis.

Tengkleng Bu Edi dibuka sejak pukul 14.00. Namun, pastikan datang lebih awal agar tidak kehabisan. Karena biasanya dalam beberapa jam sudah habis disikat pelanggan.

8. Pecel Solo Ndeso Monumental

Meski hampir ada di setiap daerah, pecel Solo tidak boleh Kamu lewatkan. Kuliner khas ini memiliki cita rasa yang mantap di lidah. Terdiri dari racikan nasi merah, kembang turi, daun kenikir, daun bayam, jantung pisang, daun pepaya ditambah dengan sambal pecel yang gurih, asin dan pedas.

Pecel Solo Ndeso berlokasi di Jl. Dr. Soepomo No. 55, Mangkubumen. Dibuka sejak pukul 08.00 sampai dengan 22.00 WIB. Selain dapat menikmati pecel, terdapat aneka minuman khas dan tradisional seperti temu lawak, jahe pandan, beras kencur, kunir asem sirih dan sebagainya. Harganya sangat terjangkau untuk semua kalangan, mulai Rp. 10.000,- sampai dengan Rp. 20.000,-.

9. Serabi Notosuman

Kota Solo juga memiliki kuliner Serabi Notosuman terfavorit. Hal itu lantaran cita rasanya yang sangat nempel di lidah. Menariknya, kuliner tersebut sudah berdiri sejak 1923 dan selalu ramai. Sajian serabinya dibuat dengan bahan tepung beras dan santan. Sehingga, memunculkan tekstur yang sangat lembut.

Uniknya, Serabi Notosuman masih dimasak dengan memakai tungku kecil ala jaman dulu. Jika Kamu tertarik, lokasinya ada di Jl. Mohammad Yamin No. 28. Untuk setiap porsinya, pembeli hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 20.000,- an.

Membahas kuliner Solo memang tidak ada habisnya, karena banyaknya wisata kuliner legendaris di sini. Pastikan menyempatkan mampir ke salah satunya saat Kamu berkunjung ke kota ini. Dijamin nagih dan ingin mencoba lagi.

Bagikan di :