Pusat Kuliner Surakarta, Galabo Solo

Yakin nih belum pernah ke Kota Solo? Atau hendak berkunjung ke sini? Berikut akan ada rekomendasi kuliner wajib untukmu ketika mengunjungi kota bengawan ini. Ada salah satu wisata berburu makanan yang terbaik, yaitu Galabo Solo.

Ulasan Singkat Terkait Galabo Solo

Galabo atau singkatan dari Gladag Langen Bogan merupakan sebuah tempat wisata kuliner malam hari yang berada di Kota Solo. Tepatnya terletak di Jalan Kapten Mulyadi, Desa Kedung Lumbu, Kec. Pasar Kliwon, Kota Surakata.

Letaknya yang strategis di tengah Kota Solo yang cukup kecil. Galabo Solo sendiri menjadi pusat kuliner wajib dan tujuan utama para pelancong ketika berwisata ke Jawa Tengah. Karena, di sekitar sini pula terdapat beberapa hotel dan penginapan dengan harga terjangkau.

Sejarah Galabo Solo

Dulunya, Galabo Solo ini berada di tepi jalan yang setiap pagi hingga sore digunakan pengguna kendaraan untuk lalu lintas. Untuk malam harinya ditutup, dialih fungsikan sebagai daerah wisata kuliner serta tempat duduk santai para pengunjung.

Sekarang destinasi kuliner ini dipindahkan ke halaman selatan Benteng Vredeburg. Memiliki suasana baru tentunya memberikan dampak pula pada Galabo Solo. Dari segi penataan, wisata tersebut menjadi jauh lebih rapi, bersih dan jumlah pedagang di sini pun berkurang.

Pengurangan pedagang di wisata kuliner ini disebabkan oleh seleksi ketat untuk dari daerah kepada setiap orang. Mulai dari kelayakan, wujud dan bentuk, ataupun kebersihan pemilik usaha yang menjual makanan khas Kota Solo.

Jika dulu ada sekitar 75 pedagang, kini hanya tersisa 28 saja yang layak untuk menepati Galabo Solo ini. Di samping itu, pemilik usaha tersebut kebanyakan adalah penyedia kuliner legendaris di Kota Solo.

Tempat Kuliner Legendaris Solo di Galabo

Di tempat ini terdapat warung-warung ternama yang sudah melegenda. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa di antaranya:

1. Tengkleng Klewer Bu Edi

Warung kuliner pertama dan paling legendaris ialah Tengkleng Klewer Bu Edi. Kedai ini telah buka sejak tahun 1971 hingga saat ini. Berkat cita rasa lezat pada masakannya terus dipertahankan secara turun temurun, membuat para penikmat makanan ini selalu puas dan kembali lagi.

Selain itu, pelanggan setia tempat ini bukanlah dari kalangan masyarakat biasa saja. Bahkan, Bapak Presiden Joko Widodo pun menjadikannya sebagai suguhan utama acara dinas maupun pernikahan putra pertama Beliau sejak menjabat menjadi Walikota Solo.

Lalu apa sih yang menjadikan tempat ini begitu legendaris? Sebab di warung Bu Edi sendiri memiliki tradisi yaitu, menunya disuguhkan menggunakan pincukan daun pisang sehingga memperkuat cita rasa serta kesan tradisional semakin kental.

Adapun menu dalam satu porsi tengkeleng sendiri memiliki beragam isian, seperti iga, lidah, mata, jeroan dan sumsum kambing. Dan kamu bisa memilih isiannya sesua dengan apa yang dinginkan. Untuk harganya pun tidak terlalu mahal, yaitu senilai 25.000 rupiah per posinya.

3. Sate Kere Yu Rebi

Selain Tengkleng miliknya Bu Edi, ada lagi nih menu favorit  Bapak Jokowi di Galabo Solo yaitu Sate Kere Yu Rebi. Bukan hanya Presiden saja yang gemar, putra pertamanya Gibram Rakabumingpun kerap berkunjung ke warung tersebut.

Warung ini didirikan sejak tahun 1986 di Jalan Kebangkitan Nasional, kios, tepatnya di belakang Stadion Sriwedari Kota Solo. Namun, sejak dbukanya Galabo Solo pada 2008, Sate Kere Yu Rebi pun membuka cabangnya di pusat wisata kuliner lainnya.

Sejarah mengapa sate ini disebut ‘kere’, dalam bahasa Jawa berarti tidak punya uang. Sebab dulu sate daging merupakan hidangan sangat mewah dan hanya kalangan atas saja yang dapat menikmatinya.

Sehingga akhirnya, masyarakat pun menggunakan ampas atau sisa dari pembuatan tempe yang diolah menjadi sebuah sate dengan bumbu bacem, dibakar dan disajikan bersama sambal kecap manis pedas. Seiring berjalannya waktu, hal tersebut menjadikan ciri khas sate dengan cita rasa lembut nan lezat.

Untuk menu yang terdapat di Sate Kere Yu Rebi di antaranya, sate campur, sate daging, sate kere, gado gado, nasi, lontong dan aneka minuman. Harga yang dipatok pun cukup terjangkau yaitu kisaran 3.000 rupiah hingga yang termahal 40.000 rupian bagi segala jenis hidangan.

3. Rawon Penjara

Tidak kalah legendarisnya, kini ada lagi yaitu Rawon Penjara yang telah buka sejak tahun 1970 dan menjadi menu rawon khas terenak, terfavorit serta terwajib Kamu kunjungi selama berada di Kota Solo.

Dinamakan Rawon Penjara sendiri bukan karena konsepnya seperti lapas, namun karena lokasi awal berdirinya warung ini berada di sebelah timur Lembaga Permasyarakatan atau Penjara di Kota Solo. Tepatnya di Jalan Slamet Riyadi nomor 15, Kampung Baru, Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Saat pembukaan pertama Galabo Solo oleh Bapak Joko Widodo yang saat itu masih menjabat sebagai Walikota Solo, Rawon Penjara ini pun turut mendaftarkan dirinya untuk membuka cabang di pusat wisata kuliner ini. Bahkan dapat bertahan hingga sekarang ini.

Pusat Kuliner All-In-One

Bukan hanya sekedar menjadi tempat wisata kuliner yang menyediakan aneka makanan khas Kota Solo saja, di tempat ini pun terdapat acara-acara pendukung turut meramaikan suasana di setiap malamnya.

Seperti acara live musik dari musisi lokal Solo yang tentunya akan menjadikan waktu kebersamaanmu semakin seru dan berkesan. Selain itu, juga untuk meramaikan pusat wisata Galabo Solo.

Selain sajian musik dan warung warung makan yang legendaris, di wisata kuliner ini pun dlengkapi dengan fasilitas yang memadahi, seperti kursi dan meja makan santai untuk para pengunjung. Ada pula spot selfi yang bisa kamu pakai saat mengabadikan gambar di sini.

Bagi pelancong-pelacong baru yang terkadang khawatir dengan harga makanan biasanya akan dinaikan sesuka hati oleh pedagang nakal, di Gladag Langen Bogan Solo ini Kamu tidak akan menemukannya. Sebab, pengelola wisata kuliner ini mewajibkan seluruh warung untuk menampilkan menu beserta harganya masing-masing.

Lihat juga : 8 tempat makan di Solo yang wajib di kunjungi

Kapan Waktu Buka Galabo Solo?

Buat yang pengen banget segera ke sini, pasti penasaran bukan? Kapan

tempat kuliner Solo ini bukanya? Di beberapa lokasi, bahkan semakin larut malam akan semakin ramai.

Untuk Galabo Solo, mulai dibuka di malam hari mulai pada pukul 05.00 sore hingga jam 05.00 esok paginya. Mengasyikkan bukan? Tidak heran jika berada di Kota Solo dan tiba-tiba lapar, sebagian orang ke sini sebab tempatnya pun mudah dijangkau.

Lihat juga: Catering Solo

Rute Menuju Galabo Solo

Untuk mencapai wisata kuliner ini, terdapat banyak jalur yang bisa Kamu lewati. Buat yang berasal dari arah barat yaitu daerah Boyolali, Salatiga, Klaten, Semarang dan Yogyakarta dapat melalui Jalan Slamet Riyadi terus lurus hingga ke ujung timur, sampai dibundaran Gladag.

Kemudian Kamu bisa putar ke arah Jalan Jendral Sudirman. Sebab pada pukul 6 pagi hingga 9 malam Jalan Slamet Riyadi hanya dibuka untuk jalur  lalu lintas searah. Lanjut lurus hingga mencapa bundaran kantor walikota Solo atau tugu Pamendengan.

Lanjut, putar baliklah mengitari daerah tersebut dan berjalan kembali kearah Jalan Slamet Riyadi hingga mencapai bundaran Gladag. Lalu belok kearah kiri ke Jalan Mayor Sunaryo.

Mudah dan pastinya menggiurkan bukan makanannya? Jadi itulah tadi beberapa informasi mengenai Gladag Langen Bogan alias Galabo Solo. Tempat ini perlu Kamu singgahi dan nikmati masakan-masakannya.

Bagikan di :