Home » Provider dan Jaringan » 2 Cara Reset WiFi First Media Dengan Akses Router dan Alamat IP

2 Cara Reset WiFi First Media Dengan Akses Router dan Alamat IP

by Cah Solo
0 comment
Cara Reset WiFi First Media

SOLO MEDIA – Jaringan WiFi First Media sedang lemot? Bisa lakukan reset WiFi First Media. Panduan mudah dan dapat dilakukan sendiri bahkan oleh konsumen pemula. Cara ini dijamin ampuh mengatasi jaringan internet bermasalah.

Koneksi kuat dan jaringan stabil merupakan dambaan setiap pengguna layanan internet rumahan, begitupun pengguna WiFi First Media. Sayangnya, operasional tidak selamanya mulus dan terkadang mengalami gangguan.

Oleh karena itu, factory reset merupakan solusi awal yang bisa dicoba untuk menormalkannya kembali.

Melakukan Factory Reset WiFi First Media Melalui Akses Router

Setiap router WiFi, termasuk First Media sudah dilengkapi dengan opsi reset pabrik. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah pengguna agar bisa mengatasi masalah jaringan internet tanpa bantuan teknisi. Cara reset WiFi First Media melalui akses router sangat mudah, langkah-langkahnya seperti berikut:

BACA JUGA :  5 Fungsi Kuota Internet Lokal yang Perlu Diketahui
  • Temukan lokasi router. Cari lokasi instalasi router WiFi First Media yang akan di reset. Pastikan unit router dalam keadaan hidup atau menyala. Jika letak router tidak terjangkau, minta bantuan orang lain untuk menggunakan tangga.
  • Siapkan push pin atau SIM ejector. Fungsinya untuk mengakses tombol reset yang biasanya tersimpan dalam sebuah lubang kecil. Jika tidak memiliki push pin atau SIM ejector, bisa juga menggunakan paper clip.
  • Tekan tombol reset selama 10-15 detik. Letak tombol reset pada setiap router berbeda-beda. Namun kebanyakan terletak pada badan router bagian belakang dengan sebuah lubang kecil bertuliskan “reset”. Tekan dengan push pin selama 10 hingga 15 detik.
  • Atur kembali user ID dan password WiFi. Setelah router kembali ke pengaturan pabrik, selanjutnya perlu dilakukan setting ulang ID dan password. Proses ini bisa dilakukan dengan login ke alamat IP router melalui browser. Ganti ID dan password default dengan yang baru.
  • Sambungkan kembali gadget. Setelah lampu indikator pada router WiFi First Media menyala dan berkedip-kedip, artinya reset telah berhasil dilakukan. Selanjutnya, coba sambungkan perangkat atau gadget pada jaringan WiFi dengan ID dan password yang baru.
BACA JUGA :  5 Urutan Provider Internet Terbaik Berdasarkan Kecepatannya di Jakarta

Melakukan Factory Reset WiFi First Media Melalui Alamat IP

Cara reset WiFi First Media berikutnya bisa dilakukan dengan akses langsung pada IP Address Router. Berbeda dengan sebelumnya, cara ini lebih simpel karena tidak perlu menekan tombol reset fisik. Hal tersebut tentu sangat membantu jika letak router tidak mudah dijangkau.