Home » 💡 Tekno Tips » 2 Cara Reset Speaker Bluetooth Untuk Mengatasi Error

2 Cara Reset Speaker Bluetooth Untuk Mengatasi Error

by Cah Solo
0 comment
Cara Reset Speaker Bluetooth

SOLO MEDIA – Bagi pengguna speaker bluetooth tentu juga harus mengetahui bagaimana cara reset speaker bluetooth agar bisa mengatasi saat terjadi error.

Jadi kadang dalam penggunaan speaker bluetooth ini kedapatan masalah seperti tidak keluar suara atau semacamnya. Untuk mengatasinya adalah dengan mereset.

Apa Saja Masalah Yang Mengharuskan Mereset Speaker Bluetooth

Jika bertanya keadaan seperti apa yang mengharuskan pengguna untuk melakukan reset pada speaker, mama ada beberapa keadaan yang mengharuskan. Karena itu kali ini akan dibahas apa saja penyebab atau masalah yang mengharuskan pengguna melakukan reset. Di antaranya adalah speaker hang.

Masalah yang pertama yang mengharuskan pengguna untuk melakukan reset adalah saat speaker hang atau tidak merespons sama sekali. Atau pengguna juga perlu melakukan reset saat bluetooth pada speaker tidak terdeteksi. Bisa juga dilakukan reset saat tidak konek dan beberapa masalah semacamnya.

BACA JUGA :  5 Cara Mengatasi HP Ngelag Samsung, Terbukti Ampuh!

Beberapa Cara Reset Speaker

Saat sudah tahu sekilas tentang beberapa penyebab yang mungkin saja terjadi, maka kali ini akan diuraikan tentang beberapa cara mereset. Reset ini pun harus disesuaikan dengan beberapa masalah yang telah disebutkan sebelumnya. Jadi tidak semua reset fungsinya sama.

1. Gunakan Tombol Power

Pada cara reset speaker bluetooth yang akan diuraikan adalah saat bluetooth pada speaker ini tidak terdeteksi. Untuk mengatasi hal ini, maka pengguna bisa memanfaatkan tombol power dari speaker tersebut. Agar tak makin penasaran, maka bisa simak langkah cara berikut:

  • Langkah yang perlu pengguna lakukan adalah dengan mematikan terlebih dahulu speaker tersebut.
  • Jika sudah, maka pengguna bisa tekan tombol power di saat speaker dalam keadaan off, untuk menelannya bisa lakukan minimal tiga hingga enam detik.
  • Tunggu hingga lampu menyala, jika sudah maka pengguna bisa lepaskan tombol tersebut maka lampu tersebut akan mati lagi.
  • Selanjutnya pengguna hanya tinggal menunggu beberapa saat lalu tinggal aktifkan lagi speaker bluetooth dan aktifkan bluetoothnya.
  • Terakhir adalah dengan coba untuk menyambungkan koneksinya lagi dengan perangkat seperti ponsel atau PC.
BACA JUGA :  5 Cara Membuka File RAR di Laptop Simpel Anti Ribet

2. Memakai Tombol Atau Lubang Reset

Salah satu masalah yang belum disebutkan di atas adalah masalah berupa speaker bluetooth ini tidak bisa dicas. Untuk masalah ini, biasanya sudah disediakan lubang reset atau tombol untuk digunakan. Agar tak penasaran, maka bisa simak langkah caranya berikut:

  • Pada tahap awal, pengguna harus mencari lubang reset terlebih dahulu pada speaker, kadang di salah satu tipe, lubang ini berada di dekat lubang untuk cas.
  • Bila sudah ketemu, maka pengguna bisa matikan terlebih dahulu speaker tersebut.
  • Pengguna bisa coba dengan menekan lubang atau bisa juga klik tombol yang ditemukan.
  • Jika yang ditemukan adalah lubang, maka bisa masukkan stik agar bisa menekan tombol yang ada pada lubang tersebut.
  • Lalu perhatikan lampu indikator, pastikan bahwa lampu tersebut menyala dengan teratur alias tidak berkedip, sedang saat sudah dilepaskan maka lampu akan berkedip.
  • Selanjutnya tinggal aktifkan lagi speaker tersebut lakukan pairing dengan device, selesai.
BACA JUGA :  5 Jenis Konten yang Dilarang di YouTube, Content Creator Harus Tahu!

Apakah Semua Masalah Bisa Diperbaiki Dengan Reset?

Mungkin pada akhirnya setelah membaca cara yang diuraikan muncul pertanyaan apakah semua masalah bisa dengan reset. Untuk pertanyaan tersebut maka jawabnya adalah tidak. Sebab reset hanya untuk mengatasi speaker bluetooth yang mengalami error ringan saja bukan pada kerusakan yang parah.