Cara Reset Pabrik HP Vivo, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

SOLO MEDIA – Adanya cara reset pabrik HP Vivo dimaksudkan untuk mengembalikan seluruh konfigurasi pada HP ke pengaturan pabrik. Umumnya hal ini dilakukan ketika pengguna ingin menjual HPnya, menemukan gangguan, atau hanya sekadar mau mengembalikannya seperti sedia kala.

Jadi reset HP ke setelan pabrik sebenarnya sah-sah saja dan bahkan memiliki kelebihan yang bisa dirasakan oleh pengguna. Meski demikian tetap saja ada kekurangan yang mungkin saja terjadi. Untuk itu, silahkan simak uraian lengkapnya berikut ini.

Cara Reset Pabrik HP Vivo

Untuk mengembalikan HP ke kondisi awal cara yang perlu ditempuh adalah dengan menggunakan pengaturan langsung dari HP. Jadi tak perlu memasang aplikasi pihak ketiga atau semacamnya. Berikut langkah yang perlu dilakukan:

  • Pertama, matikan HP.
  • Tekan tombol volume bawah dan power dalam beberapa detik.
  • Tunggu sampai HP memunculkan desain logo android, lalu lepaskan tombolnya.
  • Lanjutkan dengan masuk ke recovery mode yang terdapat dalam pengaturan.
  • Pilih wipe data atau factory reset untuk melakukan reset terhadap HP.
  • Lakukan persetujuan dengan menekan tombol volume dan power.
  • Nantikan beberapa detik, kemudian pilih reboot system now.
  • Setelahnya tekan tombol power satu kali lagi untuk mengkonfirmasi ulang.
  • Maka proses reset akan berjalan jadi tunggulah sampai selesai.
BACA JUGA :  Apakah Aplikasi Helo Menghasilkan Uang? Berikut Ulasannya!

Kelebihan Dan Kekurangan Reset Pabrik HP Vivo

Dengan memulai ulang HP pastinya akan menimbulkan suatu dampak baik positif ataupun negatif. Sehingga pengguna bisa mempertimbangkannya terlebih dahulu sebelum melakukan reset pada HP. Jadi kekurangan yang mungkin saja ditimbulkan dapat diantisipasi sebelumnya, berikut beberapa kelebihan dan kekurangannya:

1. Kelebihan Reset HP

Adanya cara reset ini pastilah memiliki manfaat atau kelebihan yang bisa dirasakan bagi pengguna HP Vivo. Adapun beberapa kelebihan yang bisa didapatkan adalah sebagai berikut:

  • Menghapus virus dan malware dalam HP, setiap HP memiliki kemungkinan yang sama untuk terkena 2 masalah ini. Masuknya virus dan malware bisa terjadi karena aktivitas yang dilakukan oleh pengguna HP itu sendiri. Jadi reset HP dapat membantu membasminya.
  • Membersihkan penyimpanan, dalam HP akan ada file-file sampah yang tak lagi berguna dan tanpa disadari justru akan memenuhi penyimpanan. Oleh karenanya, reset HP diperlukan agar penyimpanan dapat kembali lega dan bisa dipakai secara optimal.
  • Mengoptimalkan performa, sebagaimana yang telah dijelaskan di atas bahwa banyak kemungkinan yang mengakibatkan penurunan performa pada HP. Seperti halnya penyimpanan yang penuh dan adanya virus dalam HP, sehingga HP perlu dibersihkan dan dikembalikan ke kondisi awal.
BACA JUGA :  3 Cara Merubah Email di OSS Terbukti Berhasil! Langsung Praktekkan!

2. Kekurangan Reset HP

Sebelum memutuskan untuk melakukan cara reset pabrik HP Vivo alangkah baiknya jika mengetahui kekurangannya terlebih dahulu. Sehingga pengguna akan memahami dampak yang ditimbulkan dan menemukan alternatif untuk mengatasinya. Berikut beberapa kekurangannya:

  • Menimbulkan masalah software atau aplikasi. Hal ini disebabkan karena pengguna tak melakukan reset dengan cara yang benar sehingga HP mengalami error.
  • Aplikasi dalam HP dapat terhapus, sebab dengan melakukan reset HP akan kembali ke pengaturan pabrik. Jadi setelah ter-reset hanya aplikasi bawaan saja yang masih dapat dioperasikan dalam HP. Meski demikian, aplikasi pihak ketiga masih dapat dipasang kembali.
  • Data-data dalam HP akan hilang, karena saat reset dilakukan HP akan dikosongkan dari berbagai macam data atau pengaturan tambahan. Sehingga kemungkinan besar data-data yang tersimpan akan terhapus atau hilang.
BACA JUGA :  3 Cara Membuat Akun Mi Baru Setelah di Reset, Pasti Berhasil!

Supaya kemungkinan terburuk dapat diminimalisir, sebelum cara reset pabrik HP Vivo dilakukan baiknya cadangkan semua data pada HP terlebih dahulu. Jadi tak perlu khawatir lagi apabila data terhapus karena data yang ter-back up bisa dikembalikan lagi.