Cara Reset Hp Jarak Jauh dengan IMEI Agar Tidak Disalahgunakan

SOLO MEDIA – Cara reset hp jarak jauh dengan IMEI sangat membantu pengguna yang kehilangan smartphone-nya. Kadangkala, seseorang melupakan hp sehingga tertinggal di suatu tempat.

Apabila hp tersebut hilang, tentu ada risiko untuk dipakai orang lain. Untuk mencegah hal ini, menggunakan nomor IMEI dapat menjadi solusinya.

Tentang IMEI

Banyak pengguna smartphone yang belum tahu tentang apa yang dimaksud IMEI. Nomor IMEI merupakan identitas yang fungsinya mengidentifikasi ponsel. Nomor ini berbeda-beda di setiap perangkat, sehingga menjadi identitas sebuah ponsel yang membedakannya dari seri lainnya.

Umumnya nomor IMEI berisi 14 sampai 15 digit untuk melakukan verifikasi ulang semua digit sebelumnya. Digit tersebut bukan sembarang angka, melainkan informasi terkait ponsel tersebut. Misalnya tempat pembuatannya, pabrikan, serta nomor model ponsel tersebut. Identitas resmi ini wajib dimiliki ponsel, dengan fungsi-fungsi berikut:

BACA JUGA :  6 Cara Cek Pembayaran Listrik, Ada Berbagai Alternatif Pilihan!
  • Mengidentifikasi sebuah perangkat seluler dengan identitas lengkap. Seperti tanggal produksi, jenis, merek, dan lain-lain.
  • Dipakai jaringan GSM dalam mengidentifikasi ponsel yang mencoba tersambung dengan jaringannya.
  • Memblokir perangkat yang dicuri atau hilang sehingga tidak bisa disambungkan ke jaringan manapun. Cara reset hp jarak jauh dengan IMEI sekarang banyak dilakukan untuk mengatasi penyalahgunaan data.
  • Melacak keberadaan ponsel hilang, dengan menghubungi provider dari kartu yang digunakan lalu meminta bantuan untuk mencari lokasinya.
  • Mencegah penggunaan ponsel dari black market, yaitu perangkat yang proses impornya ilegal.
  • Memeriksa garansi hp. Apabila garansinya masih ada, maka bisa diklaim dengan menyebutkan nomor IMEI dan dicocokkan ke database.

Cara Reset Hp Jarak Jauh dengan IMEI

Dari penjelasan sebelumnya, fungsi IMEI ternyata sangat beragam dan bukan hanya sebagai identitas ponsel saja. Bahkan IMEI juga berfungsi untuk me-reset hp hilang sehingga tidak digunakan sembarang orang. Berikut adalah langkah cara untuk melakukan reset dengan IMEI:

BACA JUGA :  4 Cara Merubah Ukuran File PDF Secara Online

1. Mengetahui Nomor IMEI dari Perangkat yang Dicari

Cari nomor IMEI dari hp sebelum mencarinya. Nomor ini dapat dipakai untuk mereset perangkat yang hilang tersebut. Perlu diketahui bahwa IMEI bukanlah nomor dari provider, melainkan sederet nomor dari pabrikan asal perangkat tersebut. Tidak ada perangkat yang tidak memiliki nomor IMEI.