Home » Provider dan Jaringan » Cara Merubah Jaringan Luar Negeri Ke Indonesia Dengan Praktis!

Cara Merubah Jaringan Luar Negeri Ke Indonesia Dengan Praktis!

by Cah Solo
0 comment
Cara Merubah Jaringan Luar Negeri Ke Indonesia

SOLO MEDIA – Ponsel yang dibeli dari luar negeri terkadang ada beberapa yang tidak dipasarkan di dalam negeri. Hal tersebut akan membuat jaringan tidak tersedia di Indonesia. Maka dari itu, pengguna perlu mengetahui cara merubah jaringan luar negeri ke Indonesia agar dapat menggunakannya.

Jika ponsel yang dibeli dari luar Indonesia mempunyai jaringan di sini, maka akan dapat difungsikan dengan baik. Seperti contoh dapat digunakan untuk mengirim pesan, berselancar internet, dan lain sebagainya. Berikut cara yang bisa digunakan untuk mengubah jaringan luar ke Indonesia:

Melalui Pendaftaran IMEI Handphone

Cara merubah jaringan luar negeri ke Indonesia bisa dilakukan dengan mendaftarkan IMEI ponsel terlebih dahulu. IMEI menjadi hal terpenting bagi sebuah ponsel, dan biasanya ponsel yang dibeli dari luar negeri tidak memiliki IMEI. Maka dari itu, pengguna harus mendaftarkannya dahulu.

BACA JUGA :  Ketahui Apakah Freedom Internet Sama Dengan Unlimited

IMEI merupakan sebuah nomor khusus yang difungsikan sebagai penentu identitas dari suatu ponsel. Kode yang tertera menjadi sebuah nomor keamanan ponsel. Biasanya saat membeli ponsel dari luar negeri tentu harus mengurus IMEI terlebih dahulu saat dibawa ke Indonesia.

Pendaftaran IMEI ponsel bisa dilakukan melalui website bea dan cukai, atau dapat juga langsung mendatangi kantornya. Ponsel akan terlebih dahulu diperiksa oleh pihak bea dan cukai untuk memastikan keamanannya. Berikut tahapan pendaftaran IMEI melalui website bea dan cukai secara mudah:

  • Ketik “Registrasi IMEI” di Google.
  • Klik hasil penelusuran paling atas yang menyertakan website resmi dari badan bea dan cukai.
  • Masuk ke website tersebut.
  • Lengkapi seluruh isian dari data formulir yang tersaji.
  • Setelah itu kirim hasil formulir yang sudah dipastikan kebenaran datanya.
  • Tunggu pihak bea cukai mengirimkan email notifikasi mengenai pengaktifan IMEI.
  • Selesai, IMEI ponsel berhasil diaktivasi.
  • Ponsel dari luar negeri tersebut akan mendapatkan jaringan Indonesia.
BACA JUGA :  Koneksi Internet Smartfren Tidak Bisa, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Melalui Aplikasi

Bantuan aplikasi kerap berguna untuk pelbagai hal, salah satunya adalah dapat dijadikan sarana perubahan jaringan. Siapa saja dapat mendapatkan aplikasinya dengan mudah melalui Google. Namun, terdapat syarat dan ketentuannya yang harus diikuti oleh pengguna yang akan mengubah jaringan.