Home » Google » 3 Cara Merubah Background Google Meet, Mudah dan Sederhana!

3 Cara Merubah Background Google Meet, Mudah dan Sederhana!

by Cah Solo
0 comment
Cara Merubah Background Google Meet

SOLO MEDIA Bosan dengan background Google Meet saat sekolah online? Pengguna harus mencoba cara merubah background Google Meet agar dapat terlihat menarik di hadapan teman-teman dan guru. Merubah background juga bisa membantu jika latar ruangan pengguna tidak layak untuk ikut on cam.

Google Meet banyak dipilih karena durasi versi gratisnya yang lebih lama dibandingkan kompetitornya. Interface dan cara penggunaan yang simple juga menjadi nilai plus untuk platform yang juga tersedia versi handphone-nya ini. Lantas bagaimana cara mengubah backgroundnya? Yuk simak pembahasan berikut!

Merubah Background Google Meet di Handphone

Fitur mengubah background juga tersedia pada versi handphone. Namun sayangnya baru Android versi P yang bisa menggunakannya. Sedangkan untuk iOS, baru iPhone 8 ke atas dan memiliki iOS minimal 12. Cara mengubah background Android dan iOS sama. Begini langkah-langkahnya:

  • Bukalah Google Meet. Pilihlah opsi ‘Rapat baru’ atau ‘Gabung pakai kode’. Jika sudah ada link sebelumnya, pengguna bisa langsung mengklik link-nya.
  • Perhatikan bagian bawah layar, jika menemukan ikon kilauan cahaya, pilihlah ikon tersebut.
  • Akan muncul beberapa opsi, yaitu tanpa efek, blur, latar belakang, gaya, dan filter. Pilihlah opsi ‘Latar belakang’.
  • Pengguna bisa memilih latar-latar yang telah disediakan. Namun jika ingin menggunakan latar sendiri, pengguna bisa mengetuk ikon ‘+’ kemudian pilihlah gambar yang diinginkan.
  • Latar pun sudah bisa berubah.
BACA JUGA :  Cara Buat Soal di Google Formulir, Bagi Link dan Melihat Jawabannya

Merubah Background Google Meet Langsung di Laptop Melalui Browser

Meskipun jika menggunakan laptop latar dari pengguna Google Meet akan jadi lebih lebar, namun fitur merubah background masih dapat diterapkan. Tidak perlu menggunakan green screen atau apapun, pengguna bisa melakukannya langsung dari Google Meet versi web-nya. Begini langkahnya:

  • Bukalah Google Meet versi web-nya. Pastikan video yang diambil menggunakan kamera bawaan dari laptop pengguna.
  • Klik ikon tiga titik yang muncul pada tampilan awal. Kemudian pilihlah ‘Change Background’.
  • Pengguna bisa memilih background yang sudah disediakan atau mengambil sendiri dari laptop.
  • Jika ingin mengustomisasi background, ketuklah ikon ‘+’ atau pilihan ‘use image from disk’. Pilihlah sesuai dengan keinginan.
  • Background sudah terganti.
BACA JUGA :  Cara Buat Absensi Di Google Form dan Cara Membagikannya

Merubah Background Google Meet di Laptop Menggunakan Aplikasi OBS

Apabila pengguna ingin menantang diri untuk menggunakan cara yang lebih sulit, jawabannya gunakanlah aplikasi OBS. Pengguna nantinya akan memerlukan green screen untuk layar. Meskipun ‘ribet’, performa OBS bagus untuk diterapkan pada cara merubah background Google Meet ini. Begini cara menggunakannya:

  • Unduh dan install aplikasi OBS VirtualCam di browser melalui website resminya. Setelah selesai instalasinya, bukalah aplikasi tersebut, kemudian ketuklah menu ‘Tools’.
  • Pilihlah ‘VirtualCam’ yang terletak di bawah ‘Script’. Pada ‘Option’, berilah tanda centang pada ‘AutoStart’. Kemudian pada bagian ‘Target Camera’, pilihlah OBS-Camera. Kemudian ketuklah ‘Start’.
  • Jangan pilih ‘Stop’, cukup close tampilan dari VirtualCam OBS dengan mengetuk tanda silang. Kemudian, pada kolom ‘Source’ pilihlah ikon ‘+’, lalu pilihlah ‘Video Capture Device’, kemudian ketuklah ‘OK’.
  • Jika sudah melakukan semuanya, pilihlah kamera bawaan dari laptop untuk menampilkan wajah pengguna dengan background green screen yang sudah dipasang. Kemudian ketuklah ‘OK’.
  • Pada kolom ‘Source’, pilihlah simbol ‘+’. Setelah itu, pilihlah ‘Image’ dari galeri laptop pengguna. Ketuklah ‘OK’.
  • Geserlah layer image ke bagian bawah ‘Video Capture’ di kolom ‘Source’. Untuk menghilangkan green screen, klik ‘Video Capture’ lagi lalu pilih fitur filter. Gunakan Chroma Key, ketuk OK, lalu close.
  • Buka Google Meet, ketuk ikon tiga titik di bawah, pilihlah setting. Pilihlah ‘Video’ lalu bagian ‘Camera’ gantilah dengan OBS Camera.
BACA JUGA :  2 Cara Bypass Akun Google yang Bisa Digunakan di Berbagai Ponsel Android

Itulah 3 cara merubah background Google Meet yang bisa pengguna pilih sesuai dengan kebutuhan. Pengguna bebas untuk memilih cara yang mudah atau melakukan cara yang panjang dan ribet. Dengan cara di atas, pengguna bebas berkreasi sesuai dengan situasi dan kondisi.