Home » WhatsApp » Cara Mengunci WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan, di iPhone dan Android

Cara Mengunci WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan, di iPhone dan Android

by Cah Solo
0 comment
Cara Mengunci WhatsApp Tanpa Aplikasi

SOLO MEDIA – Meskipun WhatsApp aman secara enkripsi, namun WhatsApp sangat rentan dibuka oleh orang lain yang meminjam handphone penggunanya. Sehingga, mau tidak mau pengguna harus mengunci aplikasi tersebut. Pengguna bisa menggunakan cara mengunci WhatsApp tanpa aplikasi tambahan agar tidak memberatkan kinerja handphone.

Untuk mencegah penyadapan atau pencurian data oleh orang-orang sekitar, pengguna dapat memilih beberapa cara. Bisa menggunakan fitur bawaan handphone seperti fingerprint dan sensor wajah, atau fitur verifikasi dua langkah yang sudah disediakan oleh WhatsApp. Penasaran cara menggunakannya? Yuk simak pembahasannya!

Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Fitur Fingerprint Bawaan

Handphone Android keluaran terbaru atau beberapa merk iPhone keluaran lama memiliki fitur fingerprint bawaan. Pengguna bisa memanfaatkan fingerprint ini untuk melindungi aplikasi WhatsApp-nya agar tidak dapat dibuka jika bukan oleh dirinya sendiri. Cara mengaktifkan fitur ini cukup mudah dan singkat.

BACA JUGA :  5 Cara Memindah Chat WhatsApp dari Android ke iPhone yang Bisa Dicoba
  • Pastikanlah terlebih dahulu bahwa handphone pengguna telah memperbarui aplikasi WhatsApp-nya dengan versi terbaru.
  • Bukalah aplikasi WhatsApp yang ada di handphone pengguna, kemudian ketuklah simbol titik tiga yang letaknya di sisi kanan atas layar.
  • Pilihlah opsi ‘Settings’, kemudian pilih opsi ‘Account’, lalu pilihlah opsi ‘Privacy’.
  • Scroll-lah layar sampai pengguna menemukan opsi ‘Fingerprint Lock’, lalu ketuklah opsi tersebut. Aktifkanlah dengan cara menggeser tombolnya hingga berubah menjadi warna hijau.
  • Lakukanlah pemindaian sidik jari pada pendeteksi sidik jari yang ada di handphone masing-masing.
  • Kemudian aturlah kapan waktu kunci aplikasi WhatsApp berfungsi secara otomatis. Pengguna bisa memilih segera, setelah 1 menit, bahkan 30 menit.
  • Setelah ini,aplikasi WhatsApp akan terkunci secara otomatis. Pengguna bebas mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini sesuai dengan kehendaknya. Proses penonaktifan sama mudahnya dengan proses pengaktifannya.
BACA JUGA :  5 Cara Mengatasi WA Pending Padahal Internet Lancar

Cara Mengunci WhatsApp Memanfaatkan Sensor Wajah

Menggunakan sensor wajah bisa menjadi pilihan cara mengunci WhatsApp tanpa aplikasi tambahan lainnya. Meskipun umumnya digunakan pada iOS, namun sudah banyak Android keluaran baru yang telah dilengkapi oleh fitur sensor wajah tersebut. Proses pengaktifannya sama mudahnya dengan mengaktifkan fitur fingerprint.

  • Sama seperti cara sebelumnya, pengguna harus memastikan bahwa aplikasi WhatsApp yang ter-install di perangkat handphone-nya merupakan versi terbaru.
  • Jika sudah memastikan, ketuklah simbol titik tiga yang ada di layar, lalu pilihlah opsi ‘Setelan’.
  • Kemudian, bukalah opsi ‘Akun’, kemudian pilih opsi ‘Privasi’.
  • Jika sudah, scroll layar sampai menemukan pilihan ‘Screen Lock’, ketuklah opsi tersebut.
  • Aktifkanlah fitur tersebut sesuai dengan petunjuk. Jangan lupa untuk mengatur waktu penguncian otomatis sesuai dengan kehendak pengguna.
  • Fitur keamanan menggunakan sensor wajah siap digunakan.
BACA JUGA :  Cara Menggantikan WhatsApp ke HP Baru Tanpa Ganti Nomor

Cara Mengunci WhatsApp Menggunakan Fitur Verifikasi Dua Langkah

Fitur ini berguna untuk mengunci WhatsApp apabila nomor aktif pengguna didaftarkan di perangkat lain oleh orang tidak bertanggung jawab. Verifikasi Dua Langkah akan memerintahkan pengguna nomor memasukkan PIN 6 digit dan konfirmasi melalui email. Jika bukan pemiliknya akan sulit, bukan?