Home » Google » Cara Menghapus Google Smart Lock di HP Android, Mudah dan Sederhana!

Cara Menghapus Google Smart Lock di HP Android, Mudah dan Sederhana!

by Cah Solo
0 comment
Cara Menghapus Google Smart Lock

SOLO MEDIA Meskipun fitur Google Smart Lock bisa sangat membantu, namun terkadang fitur ini bisa menyulitkan penggunanya. Terutama jika salah satu akun yang sebelumnya tersimpan datanya telah berganti password. Melakukan cara menghapus Google Smart Lock adalah pilihan untuk mengatasi masalah ini.

Meskipun Google Smart Lock merupakan fitur bawaan Google, bukan berarti fitur ini tidak dapat dihapus atau dinonaktifkan oleh penggunanya. Ada dua cara mudah yang bisa pengguna manfaatkan untuk menghapus fitur tersebut. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini ya!

BACA JUGA :  Cara Membuka Proxy Google Chrome Dengan Dua Jaringan

Cara Menghapus Fitur Google Smart Lock Melalui Pengaturan Android

Google Smart Lock bekerja dengan cara menyimpan data mengenai password akun setelah pengguna login melalui Google. Sebenarnya, fitur ini cukup membantu, karena cukup sulit untuk mengingat puluhan password dari puluhan akun yang pengguna miliki. Namun, pengguna boleh menonaktifkannya jika ingin.

Karena biasanya handphone Android dan Google saling terintegrasi, pengguna tidak perlu repot-repot membuka browser untuk mengatur fitur Smart Lock-nya. Semua bisa dilakukan dengan mudah, cukup melalui menu settings yang tersedia di handphone Android masing-masing pengguna. Begini cara melakukannya:

  • Bukalah aplikasi ‘Settings’ yang ada di handphone, kemudian pilihlah opsi ‘Google’, kemudian pilihlah akun yang akan pengguna atur Smart Lock-nya.
  • Ketuklah pilihan ‘Kelola Akun Google’, carilah opsi ‘Keamanan’, lalu pilihlah opsi tersebut.
  • Setelah itu, scroll layar ke bawah sampai menemukan opsi ‘Pengelola Sandi’. Nantinya akan muncul beberapa opsi menu serta aplikasi apa saja yang telah disimpan password-nya oleh fitur ini.
  • Jika tidak ingin menggunakan fitur ini, pengguna tinggal mengetuk simbol ‘Settings’, lalu nonaktifkan opsi ‘Login Otomatis’.
  • Pengguna juga bisa menonaktifkan fitur Smart Lock dari salah satu aplikasi saja. Caranya, pilih salah satu aplikasi yang terpampang setelah membuka opsi ‘Pengelola Sandi’. Lalu masukkan password atau pola kunci layar.
  • Setelah itu akan muncul nama situs, nama pengguna, serta password yang tersimpan. Kemudian pilihlah opsi ‘Hapus’ jika pengguna ingin menghapusnya.
BACA JUGA :  2 Cara Bypass Akun Google yang Bisa Digunakan di Berbagai Ponsel Android

Cara Menghapus Fitur Google Smart Lock Melalui Google Chrome

Google Smart Lock sebenarnya sangat aman untuk digunakan jika perangkat Android digunakan sendiri oleh penggunanya. Namun, jika handphone terpaksa harus berpindah tangan sementara pada orang lain, fitur ini bisa cukup beresiko. Apalagi jika orang lain tersebut mengetahui kunci layar penggunanya.