Home » Fotografi » Cara Mengedit Foto dengan Lightroom, Hasil Seperti Selebgram!

Cara Mengedit Foto dengan Lightroom, Hasil Seperti Selebgram!

Untuk hasil foto yang maksimal tentu dibutuhkan cara mengedit foto dengan Lightroom yang tepat agar hasilnya seperti editan selebgram. Apabila dari pengguna sudah memahami rumus Lightroom, maka akan mudah untuk mengedit foto.

Namun, tidak ada salahnya untuk memahami terlebih dahulu satu persatu langkah untuk bisa mengedit foto dengan hasil sempurna. Jika tidak ingin ribet, bisa pula memanfaatkan preset yang dapat diunduh secara gratis. Adapun langkahnya, sebagai berikut!

1. Atur Pencahayaan

Cara mengedit foto dengan Lightroom yang paling dasar dan harus diketahui, yakni mengatur pencahayaan. Sebuah foto dengan cahaya yang tidak begitu bagus, tentu foto tersebut akan terlihat jelek dan bahkan buram.

Oleh karena itu, ada baiknya mengatur pencahayaan dengan mengunjungi logo matahari yang ada pada tampilan editing lightroom. Jika sudah, ikuti aturan pencahayaan sebagai berikut:

  • Kontras: 12.
  • Rona Putih: -32.
  • Hitam: 28.
  • Highlight: -42.
  • Bayangan: 22.

2. Atur Color Foto

Tidak hanya sampai di pengaturan cahaya saja, foto yang telah diatur cahayanya perlu melewati proses lanjutan, yakni mengatur warna. Pada Lightroom, pengguna bisa menemukan menu yang berada tepat di sebelah pengaturan cahaya.

Fungsi dari pengaturan warna pada foto ini untuk apa? Yakni untuk mengatur intensitas atau kepekatan warna pada foto. Jadi, foto yang telah diatur warnanya tentu akan semakin tajam dan semakin jelas. Untuk pengaturan warna bisa disesuaikan aturan preset.

Pengguna juga bisa mengatur warna tersebut sesuai dengan kebutuhan pengguna. Apabila kejenuhannya ingin lebih gelap maka bisa lebih diturunkan kembali warnanya.

3. Atur Campuran Warna (Color Mix)

Agar foto terlihat seperti editan para selebgram, pengguna bisa dengan mengatur campuran warna dari foto yang diedit. Menu untuk mengatur campuran warna tersebut ada pada bagian atas tampilan Lightroom, yakni CPMRN.

Pengguna bisa mengatur campuran warna oren, kungin, dan hijau pada foto disesuaikan dengan keinginan. Atur campuran warna pada foto sesuai dengan apa yang diinginkan, pengguna bisa mengaturnya untuk lebih gelap atau lebih cerah.

4. Atur Detail Foto

Pada langkah terakhir, pengguna bisa menambahkan detail pada foto agar terlihat semakin tajam. Pengguna bisa mengunjungi menu detail pada pengaturan di Lightroom, setelah itu atur sesuai dengan kebutuhan. Atau, pengguna bisa mengikuti aturan sesuai preset.

5. Mengedit Menggunakan Preset

Selain mengedit secara bertahap dengan mengikuti langkah di atas, pengguna bisa memakai preset yang bisa diunduh. Jika sudah memakai preset, pengguna tinggal mengatur keseimbangan warna dan detail dari foto saja, karena preset sudah aturan lengkap.

Preset tersebut merupakan aturan editing foto yang bisa disimpan dan digunakan lagi, baik oleh pembuat maupun orang lain. Pengguna bisa mengunduh file preset dari internet, atau bisa mengikuti aturan preset yang juga ada di internet.

Adapun cara untuk memasang file preset yang telah diunduh dari internet, sebagai berikut:

  • Pertama, bukalah aplikasi Lightroom kemudian tambahkan foto yang hendak diedit.
  • Selanjutnya, pada ketuk menu Files lallu masukkan file preset dengan format file dng.
  • Pilih Setting kemudian lanjut memilih Copy Settings.
  • Secara otomatis foto telah tersetting sesuai dengan preset, jika kurang bisa diatur lagi.
  • Jangan lupa untuk disimpan kembali.

Demikian pembahasan mengenai cara mengedit foto dengan Lightroom agar hasil foto seperti potret para selebgram. Pengguna tidak harus mengikuti aturan yang telah diberikan di atas, bisa disesuaikan dengan hasil yang diinginkan pengguna.