Home » WhatsApp » 5 Cara Mengatasi WA Pending Padahal Internet Lancar

5 Cara Mengatasi WA Pending Padahal Internet Lancar

by Cah Solo
0 comment
Cara mengatasi WA pending padahal internet lancar

SOLO MEDIA Centang satu ketika mengirim pesan WA merupakan hal biasa. Chat akan terkirim begitu jaringan pengirim atau penerima kembali ke posisi stabil. Namun bagaimana cara mengatasi WA pending padahal internet lancar? Sebagian pengguna WhatsApp pasti pernah mengalami hal yang mengganggu tersebut.

Ada beberapa penyebab yang menimbulkan masalah pending padahal internet lancar. Bisa karena sebenarnya kecepatan internet rendah sekalipun lancar, masalah cache perangkat, atau belum melakukan update aplikasi. Lantas, apa saja yang bisa pengguna lakukan? Simak pembahasan di bawah ini ya!

1. Melakukan Restart pada Perangkat Handphone

Perangkat handphone yang menyala terlalu lama bisa menyebabkan hal yang bernama network congestion yang membuat jaringan lambat sementara. Tentunya hal ini juga bisa berdampak pada WhatsApp. Untuk mengatasinya, pengguna bisa melakukan restart perangkat. Secara umum begini caranya:

  • Baik dalam keadaan layar terbuka atau terkunci, tekan tombol power selama beberapa detik.
  • Akan muncul beberapa pilihan. Umumnya akan berisi pilihan untuk mematikan perangkat, restart, atau mode darurat. Pilihlah opsi restart.
  • Jika sudah tunggu sampai proses restart selesai. Apabila sudah kembali ke layar home, cobalah untuk membuka kembali aplikasi WhatsApp dan lihatlah pesan yang sebelumnya mengalami pending.
BACA JUGA :  Cara Membuka Cadangan WA Di Google Drive dan Cara Mencadangkannya

2. Menggunakan Mode Pesawat

Mode pesawat bisa dipilih jika pengguna tidak ingin me-restart perangkat. Mengaktifkan mode pesawat sejenak memiliki fungsi yang sama seperti restart, yaitu menyegarkan kembali jaringan. Kekurangan dari cara ini adalah pengguna harus melakukannya berkali-kali sampai akhirnya WhatsApp kembali normal. Begini caranya:

  • Pergilah menuju bilah notifikasi yang biasanya muncul setelah swipe layar ke bawah.
  • Jika sudah, cari opsi ‘Mode Pesawat’ atau ‘Airplane Mode’. Aktifkan sejenak kemudian matikan kembali.
  • Lakukan hal tersebut beberapa kali. Jangan lupa untuk sesekali mengecek WhatsApp untuk memastikan bahwa pesan sudah tidak pending lagi.

3. Mengubah Setting Jaringan Internet

Cara mengatasi WA pending padahal internet lancar yang lainnya adalah mengubah setting jaringan internet. Meskipun bar sinyal di layar terlihat penuh, terkadang jaringan tersebut sebenarnya tidak stabil. Mengubah jaringan dari 3G ke 4G atau sebaliknya bisa berpengaruh. Begini caranya:

BACA JUGA :  5 Cara Memindah Chat WhatsApp dari Android ke iPhone yang Bisa Dicoba
  • Masuklah ke menu ‘Settings’ atau ‘Pengaturan’, lalu carilah pengaturan ‘Jaringan Seluler’.
  • Pilih jaringan yang akan digunakan. Pengguna bisa memilih jaringan 4G atau 3G.
  • Pengguna bisa melakukannya berulang sampai pesan WhatsApp berhasil terkirim.

4. Menghapus Cache Aplikasi

Cache aplikasi WhatsApp yang menumpuk terus menerus juga bisa menyebabkan kinerja aplikasi menjadi lambat, sehingga pesan sulit terkirim. Karena pengguna tidak bisa menghapus cache aplikasi langsung pada aplikasinya, pengguna bisa menghapusnya melalui menu Settings. Berikut cara menghapus cache WhatsApp:

  • Bukalah ‘Settings’, kemudian carilah opsi menu ‘Aplikasi’. Kliklah aplikasi WhatsApp.
  • Pengguna biasanya akan diperlihatkan mengenai data jumlah size aplikasi saat ini.
  • Hapus memori aplikasi dengan mengklik ‘Hapus Memori’ atau ‘Clear Cache’. Jangan klik ‘Hapus Data’ atau ‘Clear All Data’, karena pilihan tersebut akan membuat semua data WhatsApp hilang.
  • Cache berhasil dihapus.
BACA JUGA :  5 Cara Membuka Chat Whatsapp yang Terkunci Dengan Mudah

5. Melakukan Update dan Instalasi Ulang Aplikasi

Terlambat melakukan update pada aplikasi WhatsApp juga bisa menjadi penyebab pesan pending sekalipun internet lancar. Cara yang bisa pengguna lakukan adalah melakukan update aplikasi. Namun, jika setelah di-update WhatsApp belum juga mengalami perbaikan, pengguna harus melakukan instalasi ulang. Begini caranya:

  • Bukalah ‘Google Play Store’, ketiklah ‘WhatsApp’ pada kolom pencarian. Lihatlah ada update atau tidak.
  • Jika ada update, pengguna tinggal mengklik update dan menunggu sampai selesai. Namun jika setelah melakukan update belum juga ada perbaikan, lakukanlah install ulang.
  • Bukalah kembali ‘Google Play Store’, carilah WhatsApp. Klik ‘Uninstall’ dan tunggu sampai proses selesai. Jika sudah unduhlah kembali aplikasinya.
  • Biasanya setelah melakukan install ulang, perangkat akan berfungsi seperti semula.

Itulah 5 cara mengatasi WA pending padahal internet lancar yang bisa pengguna terapkan dan gunakan jika mengalami masalah tersebut. Lakukanlah restart perangkat serta pembersihan cache rutin untuk meminimalisir masalah tersebut. Jangan lupa juga untuk update aplikasi jika ada pembaruan.