Cara Memperkecil Ukuran Video di Laptop Dengan Cepat

SOLO MEDIA – Saat ini banyak sekali di sosial media yang mengupload story berupa video. Namun terkadang hasil pengambilan video memiliki ukuran yang cukup besar dan terlihat buram saat di posting. Dengan begitu, penting untuk mengetahui cara memperkecil ukuran video di laptop terlebih dahulu sebelum di upload.

Apalagi saat ini perkembangan teknologi semakin pesat. Sehingga mengecilkan ukuran video tidak perlu melakukan instal aplikasi tambahan pada laptop/PC. Hal itu dikarenakan bisa dilakukan secara online dengan proses lebih cepat tanpa harus mengurangi kualitas HD yang ada pada video. Adapun caranya yaitu sebagai berikut:

Melalui Aplikasi Bawaan Windows Yang Ada Pada Laptop/PC

Jika laptop/PC pengguna menggunakan sistem operasi windows, maka bisa menggunakan aplikasi bawaan dari sistem tersebut untuk mengecilkan ukuran dari video yang dimiliki. Software kompress dari windows tersebut bernama Video Editor. Aplikasi ini sebenarnya berfungsi untuk mengedit video.

BACA JUGA :  4 Cara Menghilangkan Watermark Kinemaster di Video

Meskipun terdapat beberapa tool untuk pengeditan, namun bukan berarti tidak bisa digunakan untuk mengkompres video yang memiliki ukuran terlalu besar. Adapun langkah-langkah untuk mengkompres melalui aplikasi ini yaitu:

  • Buka terlebih dahulu software Video Editor yang ada pada laptop/PC pengguna
  • Lalu pada tampilan utama aplikasi, silahkan pilih menu “new project”
  • Pilih video yang akan di kompress
  • kemudian geser video tersebut ke bagian storyboard
  • Selanjutnya silahkan tekan tombol selesai yang berada di bagian bawah. Tunggu hingga video selesai di export

Melalui Situs Website

Tidak hanya memperkecil ukuran video melalui aplikasi bawaan Windows saja, namun pengguna bisa melakukannya melalui situs website yang ada di internet. Begini lah cara mudahnya bisa diikuti, yaitu antara lain:

BACA JUGA :  5 Cara Merubah Video Menjadi MP3 Tanpa Ribet dan Gratis

1. Melalui Situs Clideo.com

Cara memperkecil ukuran video di laptop yang kedua yaitu bisa langsung membuka situs compress online. Salah satu situs yang bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan ukuran video adalah Clideo.com. Tampilan dari website yang satu ini sangatlah friendly dan juga modern. Apalagi Website clideo.com ini juga tersedia banyak fitur.