Home » Google » Cara Membuka Proxy Google Chrome Dengan Dua Jaringan

Cara Membuka Proxy Google Chrome Dengan Dua Jaringan

by Cah Solo
0 comment
Cara Membuka Proxy Google Chrome

SOLO MEDIA – Bagi yang sudah tahu proxy, mungkin kini tengah membutuhkan cara membuka proxy google chrome dikarenakan suatu alasan. Proxy sendiri sering digunakan oleh sebagian orang untuk membuka situs tertentu, agar alamat IP disamarkan. Jika pengguna ingin membukanya, maka bisa simak berikut:

Sekilas Tentang Proxy

Sebelum membahas tentang bagaimana cara membuka, maka seharusnya sudah tahu dengan yang dinamakan proxy. Kalau masih belum paham, maka kali ini akan membahasnya lebih dahulu. Sebab itu, mari simak ulasannya.

Secara sederhana proxy ini adalah penengah atau perantara antara pengguna dan internet. Dengan menggunakan proxy maka identitas asli pengguna akan disamarkan. Karena nanti data yang dikirim akan menggunakan alamat IP dari proxy bukan alamat IP pengguna.

Proxy ini hampir sama seperti VPN, yang biasanya digunakan untuk mengakses situs privat, dengan begitu data pengguna tetap aman. Hanya saja, bedanya dari VPN adalah jika VPN akan melindungi semua traffic jaringan. Sedang proxy hanya melindungi per aplikasi saja.

BACA JUGA :  Cara Menambah Tempat di Google Maps yang Mudah Dipraktekkan

Cara Membuka Proxy Di Chrome

Jika sudah paham mengenai apa yang dimaksud dengan proxy, maka pengguna juga bisa pelajari cara membuka proxy google chrome untuk dilakukan. Ada dua cara yang akan diuraikan kali ini. Yakni dengan menggunakan jaringan WiFi dan juga menggunakan seluler.

1. Menggunakan Koneksi Wifi

Cara pertama yang akan diuraikan kali ini adalah jika pengguna memakai jaringan WiFi. Karena memang beda jaringan internet yang digunakan, maka berbeda pula cara membukanya. Sebab itu, mari simak langkah caranya berikut:

  • Pertama, pengguna bisa masuk pada aplikasi Chrome terlebih dahulu, lalu setelahnya kunjungi situs proxy lists agar bisa mendapat layanan proxy versi gratis.
  • Selanjutnya pengguna bisa pilih salah satu IP proxy dan juga port yang telah disediakan.
  • Kemudian pengguna bisa masuk pada pengaturan ponsel agar bisa menggunakan proxy dengan jaringan WiFi.
  • Pada halaman pengaturan, pengguna bisa klik opsi jaringan dan internet, atau kalau ada langsung pilih opsi WiFi.
  • Pada langkah selanjutnya pengguna bisa klik SID dari WiFi yang digunakan, kemudian bisa klik menu edit.
  • Selanjutnya pengguna bisa ubah pengaturan proxy ke mode manual, lalu masukkan IP dan juga port proxy yang didapatkan tadi lalu klik simpan.
  • Bila sudah, pengguna bisa langsung masuk lagi ke aplikasi google Chrome di android untuk mengecek jaringan internet.
  • Jika dalam kolom pencarian Chrome telah mampu mendeteksi negara Perancis maka proses setting telah berhasil.
BACA JUGA :  3 Cara Melihat Nilai Di Google Classroom yang Terbukti Berhasil!

2. Menggunakan Jaringan Seluler

Jika ternyata pengguna tidak menggunakan jaringan WiFi dan menggunakan jaringan internet, maka bisa gunakan cara kedua. Cara kali ini juga hampir sama seperti cara sebelumnya. Namun agar tak penasaran maka bisa lakukan cara berikut.

  • Tinggal buka Chrome dan masuk pada situs proxy list untuk mendapatkan layanan proxy yang gratis.
  • Kemudian pengguna bisa pilih IP dan juga port proxy yang akan digunakan, lalu tinggal lanjutkan dengan masuk pada menu pengaturan ponsel.
  • Pada halaman pengaturan, pengguna bisa klik SIM dan jaringan, lalu pilih SIM mana yang akan digunakan.
  • Selanjutnya pilih opsi nama titik akses atau access point names lalu pilih APN dari provider yang digunakan.
  • Pada halaman selanjutnya pengguna bisa masukkan IP dan juga port yang didapatkan lalu tinggal klik simpan.
  • Tahap selanjutnya, buka Chrome dan ketik www.google.co.id lalu lakukan pencarian, lalu lakukan login sesuai dengan pengaturan yang ada, namun kadang menggunakan username yang telah dikirimkan sebelumnya.
BACA JUGA :  Cara Buat Soal di Google Formulir, Bagi Link dan Melihat Jawabannya

Demikian adalah penjelasan mengenai proxy dan juga cara membuka proxy google chrome yang dapat dipraktekkan oleh pengguna. Dari dua cara tersebut pengguna bisa praktekkan sesuai kebutuhan. Sesuaikan juga dengan jaringan yang dipakai.