Home » 💡 Tekno Tips » 2 Cara Membuat Background Transparan di Canva, Mudah dan Sederhana!

2 Cara Membuat Background Transparan di Canva, Mudah dan Sederhana!

by Cah Solo
0 comment
Cara Membuat Background Transparan di Canva

SOLO MEDIA – Canva merupakan aplikasi desain grafis serba bisa yang penggunaannya sangat mudah, bahkan untuk pemula sekalipun. Bahkan terdapat cara membuat background transparan di Canva, dan caranya sangat mudah. Penggunanya tidak perlu pusing menggunakan aplikasi desain grafis lainnya yang sulit untuk digunakan.

Ada dua jenis Canva, yakni Canva versi gratis dan Canva versi Pro. Pada Canva Pro, pengguna gratis mengakses jutaan elemen, template, dan semua fitur dari Canva. Sedangkan, Canva gratis tidak mendapat sampai setengah dari fitur dari Canva Pro tersebut.

Cara Membuat Background yang Transparan di Canva

Aplikasi Canva sangat bisa digunakan untuk membuat background transparan. Hal itu berlaku pada Canva versi gratis maupun Canva Pro. Canva menyediakan fitur gratis maupun berbayar untuk membantu penggunanya mewujudkan background yang transparan pada gambar miliknya. Begini cara menggunakannya:

BACA JUGA :  5 Cara Merubah File JPG Ke PDF Di Android Tanpa Aplikasi

1. Membuat Background Transparan di Canva Versi Gratis

Menggunakan Canva versi gratis memang tidak bisa sebebas Canva Pro. Fitur-fitur singkat dan sangat mudah untuk diterapkan terkadang tidak dapat diterapkan pada Canva versi gratis. Namun, untuk membuat background transparan, terdapat cara yang bisa diterapkan pada versi gratis. Begini caranya:

  • Bukalah aplikasi Canva yang sudah di-install di handphone. Jangan lupa login terlebih dahulu.
  • Kemudian pilihlah simbol ‘+’ yang bisa pengguna temukan di sisi kanan bawah layar.
  • Pilihlah menu ‘Ukuran Khusus’, aturlah kanvas sesuai dengan keinginan. Jika sudah, ketuklah tombol ‘Buat Desain Baru’.
  • Apabila sudah masuk ke tampilan ‘Canvas’, ketuklah tombol ‘+’ yang sekarang terletak di sisi pojok kiri layar. Pilihlah menu ‘Galeri’ untuk memasukkan gambar.
  • Aturlah ukuran gambar. Setelah itu scroll tool editing dan carilah tool ‘Transparansi’. Aturlah sesuai keinginan.
  • Ketuklah tanda panah di sisi pojok kanan atas layar handphone untuk menyimpan. Unduhlah menggunakan format PNG agar background gambar tetap transparan.
BACA JUGA :  Cara Merubah Email FB yang Diretas Beserta Penyebabnya

2. Membuat Background Transparan di Canva Pro

Canva Pro memang berbayar, namun banyak kelebihan yang ditawarkan. Salah satunya adalah fitur penghapus latar belakang yang sangat mudah. Dengan cara membuat background transparan di Canva Pro, pengguna bisa mengubah ukuran yang ingin dihasilkan dari hasil editan. Begini cara menggunakannya:

  • Bukalah aplikasi Canva Pro yang ada di handphone pengguna, kemudian masukkanlah gambar yang ingin pengguna transparankan latar belakangnya.
  • Langsung saja pergi ke tanda panah di pojok kanan atas layar untuk menyimpan. Namun sebelum menyimpan, centanglah terlebih dulu opsi latar belakang transparan.
  • Jika sudah, langsung saja ketuk tombol ‘Unduh’.
  • Latar belakang gambar saat ini sudah menjadi transparan.

Tips yang Bisa Diterapkan Saat Membuat Background Transparan di Canva

Untuk memperoleh hasil terbaik saat mengedit background transparan menggunakan aplikasi Canva, terdapat beberapa tips yang bisa pengguna terapkan untuk berjaga-jaga. Tips ini berguna jika tiba-tiba pengguna harus menutup Canva secara tiba-tiba tanpa sempat menyelesaikan pekerjaannya. Berikut tipsnya:

  • Usahakan agar jaringan internet stabil saat mengedit. Jika jaringan stabil, Canva bisa menyimpan hasil desain terakhir yang sudah anda kerjakan. Jika digunakan dengan jaringan yang tidak stabil, kemungkinan hasil kerja pengguna hilang sangat besar.
  • Agar gambar tidak pecah saat disimpan, usahakan gambar yang akan diedit memang memiliki resolusi yang bagus. Jika gambar yang diproses bagus, hasil kerja pengguna nantinya juga akan bagus.
  • Agar mendapatkan fitur terbaik, gunakanlah Canva versi berbayar.
BACA JUGA :  5 Cara Merubah Foto Menjadi Kartun yang Mudah Dilakukan

Itulah 2 cara membuat background transparan di Canva yang bisa pengguna lakukan. Saat ini orang-orang tidak perlu khawatir jika tidak menguasai tools editing yang sulit. Sebab ada Canva yang menawarkan solusi mudah untuk hal yang sebelumnya sulit untuk para penggunanya.