Penting, Inilah Cara Cek Status BPJS Kesehatan yang Mudah

Kepemilikan kartu BPJS memang harus dicek statusnya, cara cek status BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah. Oleh sebab itu penting memang untuk memastikan status dari BPJS ini untuk bisa menggunakan layanan yang disediakan.

Banyak kasus kartu BPJS tidak bisa digunakan karena memang statusnya nonaktif, sehingga apabila memiliki kartu harus wajib mengecek secara berkala. Simak penjelasannya berikut ini dengan cermat!

1. Menggunakan Mobile JKN

Perlu diketahui mobile JKN ini memang aplikasi yang dikhususkan untuk mengurus segala keperluan kepesertaan BPJS. Bagi yang ingin mendaftar maupun melakukan transaksi pembayaran bisa gunakan aplikasi ini.

Beberapa hal yang bisa dimanfaatkan melalui aplikasi mobile jkn ini diantaranya melakukan pengecekan keaktifan, layanan faskes dan masih banyak lagi. Simak cara yang bisa digunakan untuk pengecekan keaktifan kartu BPJS.

  • Lakukan instalasi aplikasi di play store ataupun app store.
  • Kemudian bisa mulai jalankan aplikasi mobile jkn ini.
  • Selanjutnya pengguna akan diarahkan untuk melakukan login dengan password dan juga identitas NIK.
  • Lalu masukkan captcha yang ada pada kolom, lanjutkan dengan klik login.
  • Pilih pada menu peserta.
  • Kemudian status keaktifan dari peserta BPJS akan dimunculkan.
BACA JUGA :  Call Over Internet Zoom Artinya Secara Istilah Serta Penjabaran Lengkap

2. Melalui DM Media Sosial BPJS

Cara cek status BPJS Kesehatan yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan dm pada media sosial milik BPJS. Cara ini cukup mudah karena hanya perlu menemukan akun official dari bpjs dan menanyakan status kartu.