Fungsi dan Cara Cek Resi Pos Indonesia yang Harus Diketahui!

Bagaimana cara cek resi Pos Indonesia? Sebagai salah satu tempat pengiriman barang yang sudah eksis dari lama, Pos Indonesia tentu juga mengeluarkan nomor resi sebagai identitas barang yang selalu ada di setiap paketnya. Dengan nomor resi tersebutlah penerima atau pengirim paket bisa turut mengawasi pengiriman dengan lancar.

Fungsi Nomor Resi

Kertas kecil yang ditempel pada paket kirim alias resi ini tentu digunakan untuk tujuan tertentu. Setidaknya, ada 5 fungsi yang bisa dijadikan sebagai tujuan utama penggunaan nomor resi. Langsung saja, untuk mengetahui fungsi nomor resi, silakan simak saja uraian berikut ini:

1. Sebagai Bukti Barang Sudah Dikirim

Fungsi resi yang pertama ini sebagai bukti barang sudah dikirim. Diketahui, resi merupakan nomor yang diterbitkan oleh tempat ekspedisi atau pengiriman barang. Nomor resi inilah yang dipegang atau harus diketahui oleh pengirim barang dan si calon penerimanya.

BACA JUGA :  6 Cara Cek Pembayaran Listrik, Ada Berbagai Alternatif Pilihan!

Ketika nomor resi sudah keluar, maka di situ calon penerima sudah tahu bahwa barang sudah sampai di tempat ekspedisi. Dengan begitu, secara positif barang sudah dikirim dan akan sampai ke tangan.

2. Sebagai Identitas Barang

Kemudian, fungsi yang kedua adalah sebagai identitas barang. Setiap hari dan sepanjang jam, tempat pengiriman barang atau ekspedisi itu selalu penuh dengan barang yang dibawa oleh pengirim untuk diberikan kepada penerima. Rata-rata, bentuk kemasannya sama.