2 Cara Bypass Akun Google yang Bisa Digunakan di Berbagai Ponsel Android

SOLO MEDIA Apabila ponsel Android telah melakukan factory reset, biasanya akan muncul FRP (Factory Reset Protection) ketika perangkat dinyalakan kembali. Ponsel akan meminta verifikasi akun Gmail terakhir yang digunakan. Pengguna bisa memanfaatkan cara bypass akun Google jika tidak ingat mengenai akun sebelumnya.

FRP sebenarnya memiliki maksud yang baik, yakni melindungi data pengguna ponsel apabila ponsel tersebut mengalami factory reset setelah ponselnya dicuri. Namun akan menjadi masalah jika ada orang yang membeli ponsel second biasa, dan FRP terjadi pada ponsel yang baru dibelinya.

Cara Melakukan Bypass dengan Menggunakan Fastboot Reset Tool di Laptop

Apabila pengguna Android bersedia untuk sedikit repot, melakukan bypass akun Google melalui cara yang satu ini bisa menjadi pilihan. Meskipun begitu, hasil yang didapatkan akan setimpal, karena pengguna tidak perlu pusing lagi memikirkan cara melewati FRP di ponselnya.

BACA JUGA :  Cara Membuka Proxy Google Chrome Dengan Dua Jaringan

Cara ini dapat bekerja di semua jenis merek ponsel Android. Namun, sebelum melakukan cara ini, terdapat beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan.  Pengguna membutuhkan laptop/PC, kabel data, driver ponsel yang digunakan, serta software Android Fastboot Reset Tool. Begini langkah-langkahnya:

  • Unduhlah driver ponsel yang digunakan dan software Android Fastboot Reset Tool. Ekstraklah terlebih dahulu kedua unduhan tersebut jika masih dalam format zip.
  • Install-lah driver ponsel di laptop, kemudian jalankan software fastboot tersebut.
  • Setelah itu, matikanlah ponsel, kemudian nyalakan kembali namun masuklah ke fastboot mode. Setiap ponsel memiliki cara memasuki mode fastboot yang berbeda-beda, jadi pastikan sebelumnya pengguna sudah mengetahui cara melakukannya.
  • Jika sudah masuk ke menu fastboot, hubungkan ponsel ke laptop/PC dengan kabel USB.
  • Setelah ponsel terdeteksi, tekanlah angka di keyboard sesuai dengan tipe ponsel yang ditampilkan pada menu di Android Fastboot Reset Tool.
  • Apabila proses ini berhasil, ponsel akan melakukan restart sendiri dan tidak akan meminta untuk melakukan verifikasi akun Google.
BACA JUGA :  Cara Transfer Saldo Google Play ke Akun Google Lain dengan Mudah

Cara Melakukan Bypass dengan Memasukkan SSID YouTube

Untuk ponsel di bawah naungan merek Xiaomi, cara bypass akun Google bisa dilakukan dengan menambahkan URL YouTube pada pengaturan jaringannya. Cara ini nantinya akan berakhir pada pengaturan OEM Unlocking, sebab biasanya merek ponsel tersebut menggunakan unlock bootloader. Begini langkah-langkahnya:

  • Hubungkanlah ponsel dengan internet, lalu lakukanlah pengaturan standar seperti pengaturan bahasa, lokasi, dan koneksi data.
  • Namun jika sudah sampai ke verifikasi akun Google, kembalilah ke pengaturan jaringan kemudian pilih ‘Add Network’. Masukkan youtube.com pada kolom SSID yang tersedia.
  • Block alamat tersebut, lalu pilihlah ikon rantai pada opsi yang muncul setelah melakukan block. Abaikanlah jika muncul notifikasi update, lalu tekanlah pojok kanan dan icon user, lalu pilih ketentuan dan kebijakan privasi. Jika dialihkan ke browser, pilih Chrome.
  • Install quickshortcutmaker.apk di apkpure. Jika sudah meng-install, bukalah menu ‘Aplikasi’ lalu pilih ‘Settings’, kemudian tekan ‘Try’.
  • Setelah itu beralihlah ke menu ‘Settings’ di ponsel, lalu masuklah ke opsi ‘My Devices’, pilihlah ‘All Specs’.
  • Kemudian aktifkan developer mode dengan cara mengetuk MIUI Version sebanyak 7 kali.
  • Pilihlah ‘Additional Settings’, kemudian pilihlah Developer Options.
  • Aktifkan pilihan OEM Unlocking dengan menekan tulisannya, bukan ikon slider-nya.
  • Setelah itu, lakukanlah kembali factory reset pada ponsel tersebut. Jika semua langkah sudah dilakukan, proses bypass sudah selesai.
BACA JUGA :  3 Cara Melewati Verifikasi Akun Google Setelah Factory Reset Samsung

Itulah pembahasan mengenai dua cara bypass akun Google yang bisa pengguna terapkan pada ponselnya sesuai dengan mereknya. Tentunya, jadilah pengguna ponsel yang bertanggung jawab. Gunakanlah cara-cara tersebut untuk tujuan yang baik, bukan untuk melakukan tindakan kriminal seperti pencurian ponsel.