Home » Google » Cara Buat Absensi Di Google Form dan Cara Membagikannya

Cara Buat Absensi Di Google Form dan Cara Membagikannya

by Cah Solo
0 comment
Cara Buat Absensi Di Google Form

SOLO MEDIA – Google Form merupakan fitur dari Google yang digunakan untuk menunjang kebutuhan administrasi termasuk absensi, baik pada bidang pendidikan maupun pekerjaan. Cara buat absensi di Google Form ini sangat mudah dan lebih efisien jika dibanding dengan absensi manual yang menggunakan kertas.

Fitur Google Form ini memungkinkan penggunanya untuk membuat dan membagikan absensi kapan saja dan dimana saja hanya dengan membagikan tautan. Form absensi yang telah dibuat akan tersimpan dengan aman di Google Drive. Begini penjelasan lengkapnya mengenai cara membuat dan membagikan absensi.

Cara Membuat Absensi di Google Form

Pengguna yang sudah terbiasa dan sering menggunakan Microsoft Office tentu tidak akan mengalami kesulitan apabila beralih ke Google Form. Pasalnya ada beberapa kesamaan di antara keduanya. Terdapat setidaknya dua cara yaitu melalui akun Google dan melalui Google Drive.

BACA JUGA :  Cara Bicara dengan Google Assistant dan Manfaat Menggunakannya

1. Melalui Akun Google

Absensi online mulai populer digunakan di masa pandemi. Terutama oleh perusahaan yang menerapkan WFH dan sekolah yang melaksanakan pembelajaran secara daring. Langkah pertama untuk membuat absensi Google Form adalah pengguna harus masuk ke akun Google, kemudian dilanjutkan dengan langkah berikut ini.

  • Klik pilihan formulir kosong.
  • Ketik judul dan deskripsi dengan klik kolom masing-masing kolom.
  • Kemudian klik pada kolom yang terletak di bawah kolom deskripsi sebagai kolom nama siswa atau nama karyawan.
  • Isi kolom tersebut sesuai dengan kebutuhan.
  • Ubahlah opsi jawaban menjadi “jawaban singkat” dan aktifkan fitur “wajib diisi”.
  • Pengguna dapat menambahkan kolom lain sesuai kebutuhan dengan klik tanda (+) atau klik pilihan “tambahkan pertanyaan”.

2. Melalui Google Drive

Cara buat absensi di Google Form bisa dilakukan menggunakan komputer dan juga perangkat telepon pintar dengan cara yang mudah. Namun selain melalui akun Google, pengguna juga dapat membuat absensi Google Form melalui Google Drive sekaligus langsung menyimpan data absensi tersebut.

  • Buka Google Drive seperti biasa.
  • Pada tampilan Google Drive sebelah kiri atas klik menu “New:
  • Kemudian akan ditampilkan beberapa pilihan layanan Google, pilih Google Form.
  • Kemudian lakukan langkah yang sama seperti membuat absensi melalui akun Google di atas.
BACA JUGA :  2 Cara Bypass Akun Google yang Bisa Digunakan di Berbagai Ponsel Android

Cara Membagikan Absensi Google Form

Agar absensi dapat digunakan oleh para calon responden untuk mengisi berbagai keterangan yang diminta, maka absensi dari Google Form ini. Absensi Google Form pengguna dapat dibagikan melalui sebuah link dan melalui embed website yang biasa diakses oleh para calon responden.

1. Membagikan Google Form Melalui Link

Setelah membuat absensi dengan kolom dan deskripsi sesuai kebutuhan perusahaan atau sekolah masing-masing, langkah selanjutnya adalah membagikan absensi tersebut. Absensi tersebut akan dibagikan kepada para karyawan atau murid-murid secara online. Yaitu dengan menggunakan sebuah link atau tautan seperti berikut.

  • Pada bagian atas formulir klik ikon “kirim” untuk membuat sebuah link.
  • Kemudian klik pada ikon “link”, dan perpendek link agar lebih ringkas dibagikan dengan klik “perpendek link” lalu kemudian salin link tersebut.
  • Bagikan tautan yang telah disalin kepada karyawan atau murid.
BACA JUGA :  5 Aplikasi Penghasil Dollar Milik Google yang Bisa Menghasilkan Banyak Uang

2. Membagikan Google Form Melalui Embed Website

Absensi google form juga dapat dibagikan melalui embed website perusahaan atau website sekolah, sehingga pengguna tidak perlu share link berkali-kali. Membagikan absensi google form melalui embed website dapat dilakukan oleh para pengguna dengan mengikuti langkah-langkah yang cukup mudah berikut ini.

  • Klik ikon “kirim” yang terletak di sebelah atas Google Form.
  • Kemudian klik ikon “<>” yang terletak di sebelah ikon “rantai”.
  • Pengguna dapat menyesuaikan ukuran tampilan formulir yang diinginkan.
  • Selanjutnya buka dashboard website lalu pilih “appearance” dan klik “widget”
  • Kemudian klik pilihan “custom HTML” kemudian letakkan formulir tersebut pada posisi yang diinginkan dan klik “add widget”.
  • Tulis judul dan paste link ke dalam kolom HTML.
  • Kemudian klik “save” dan selesai.

Demikian cara buat absensi di Google Form beserta cara membagikannya kepada para calon pengisi absensi tersebut dengan mudah dan efisien. Data absensi dan jawaban dari responden akan tersimpan di Google Drive dan terjamin keamanannya, pengguna tidak perlu takut data hilang.