Apa Itu Startup Bisnis? Ayo Simak Ulasannya Disini

Banyak dari masyarakat yang menganggap sepele perusahaan startup di Indonesia di beberapa dekade yang lalu. Namun sekarang ada banyak startup bisnis di Indonesia yang tumbuh sangat cepat dan menjadi perusahaan multinasional.

Startup adalah sebuah perusahaan berbasis teknologi dimana masih dalam proses berkembang, dan inovasi menjadi bagian penting dari tawaran produk yang disediakan oleh perusahaan tersebut.

Penggunaan istilah startup sendiri sebagai sebuah perusahaan yang berkembang mulai populer sejak 2000-an dimana bermunculan perusahaan-perusahaan berbasis online yang mampu berkembang dengan cepat seperti Amazon sampai Alibaba sebagai platform jual beli, atau Detik dan Kaskus sebagai portal berita dan komunitas jual beli.

BACA JUGA :  Tips dan Rincian Modal Usaha Jus Buah, Pemula Harus Tahu!

Tantangan Perusahaan Startup Online

Secara ringkas ada tiga tantangan yang dihadapi oleh startup bisnis di Indonesia saat ini untuk berkembang. Mulai dari teknologi, manajemen dan bisnis dari perusahaan terkait. Ketiga tantangan ini sangat penting untuk diperhatikan karena berbeda jika dibandingkan dengan perusahaan konvensional dimana memiliki studi kasus yang lebih banyak, kamu harus berjuang lebih keras agar dapat mampu bersaing dengan ribuan kompetitor yang saat ini memadati pangsa pasar berbasis teknologi di Indonesia.

Teknologi

Pemanfaatan teknologi memiliki peran krusial dalam perkembangan perusahaan startup. Lihat saja aplikasi Gojek yang saat ini tumbuh kian besar karena mampu menjangkau konsumen potensial lewat aplikasi mereka. Inovasi dalam hal teknologi memiliki peran penting bagaimana produk mampu bersaing dibandingkan kompetitor mereka.

BACA JUGA :  20 Ide Jualan Online untuk Pelajar yang Terbukti Menguntungkan

Keuangan perusahaan

Cashflow dari setiap startup bisnis haruslah diperhatikan dengan seksama, apalagi kerentanan bisnis yang muncul sampai perusahaan mampu stabil dengan adanya sejumlah cadangan dana berupa cash ataupun aset yang solid.

Manajemen

Manajemen berperan penting agar sebuah perusahaan startup mampu berkembang dimana dapat dilakukan dengan mengembangkan budaya perusahaan ke arah yang tepat. Beberapa tips sederhana untuk itu mulai dari orientasi kepuasan manusia, penyatuan visi sampai disiplin terhadap capaian dan target yang sudah disusun.

Berkembangnya sistem pembayaran online

Layanan keuangan dalam memfasilitasi pembayaran digital semakin populer karena selain lebih praktis, tawaran diskon yang banyak dari platform sering kali dapat mengurangi biaya pembayaran, dalam jangka panjang.

BACA JUGA :  Contoh Bisnis Plan Singkat untuk Pengusaha Pemula